-->

Makna Arti Lirik Lagu Daerah Si Patokaan Provinsi Sulawesi Utara



Makna-Arti-Lirik-Lagu-Daerah-Si-Patokaan-Provinsi-Sulawesi-Utara
Makna Arti Lirik Lagu Daerah Si Patokaan Provinsi Sulawesi Utara  Makna-Arti-Lirik-Lagu-Daerah-Si-Patokaan-Provinsi-Sulawesi-Utara

Lagu Daerah Si Patokaan Sulawesi Utara Si Patokaan adalah Lagu Daerah Nusantara  yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara yang menceritakan seorang ibu dari daerah Minahasa kepada anak laki-lakinya yang sudah baligh tatkala seorang anak itu telah diwajibkan mencari nafkah sendiri.

Lagu ini tentang Sang Ibu dan  seorang Anak yang bernama Si Patokaan ( nama yang panggilan yang bisanya digunakan untuk anak Sulawesi Utara) dimana Si Patokaan di beri bekal pikiran oleh ibunya yang Ingin merantau, ya memang kebanyakan warga Indonesia Pergi merantau keluar negeri atau Kota-kota besar di indonesia untuk mencari nafkah.

Merantau sudah menjadi trend di masyarakat indonesia begitu juga dengan Sulawesi Utara. Mungkin dikarenkan realita sulitnya mencari Uang di pedesaan atau ingin kemaunan ingin menjadi pribadi yang lebih berkembang di kota besar. Oleh karena itu, sang anak di beri bekal untuk di Perantauan nantinya.

Kekhawatiran tersebut di ucapkan kepada si anak berkali-kali, Menyiratkan rasa sayang sang ibu kepada anaknya yang ingin pergi, mungkin ada perasaan rindu yang nantinya akan muncul kepada sang anak pada saat di perantauan.

Berikut adalah Makna Arti Lirik Lagu Daerah Si Patokaan Provinsi Sulawesi Utara

Sayang-sayang, Si Patokaan
wahai sayangku Si Patokaan

Matego tego gorokan Sayang
Orang-orang pucat dan terseok-seok, Sayang

Sayang-sayang, Si Patokaan
Bila kau pergi ke tanah yang jauh

Matego tego gorokan Sayang
Maka pergilah dengan hati-hati, Sayang

Sako mangewo tanah man jauh
jika kamu pergi ke tempat yang sangat jauh

Mangewo milei lek lako Sayang
maka pigi lah dengan hati-hati sayangku

Sako mangewo tanah man jauh
jika dirimu pergi ke tempat yang sangat jauh

Mangewo milei lek leko Sayang
hati-hati lah engkau perginya sayangku



Makna Lagu Daerah Si Patokaan Provinsi Sulawesi Utara

makna Lagu Daerah Si Patokaan menceritakan perasaan khawatir seorang ibu ke anaknya yang sudah beranjak dewasa dan mau mencari nafkah sendiri tapi dengan merantau.

Sang ibu juga berpesan ke anaknya bahwa dia harus berhati-hati dengan dunia luar tapi di bait ke dua si ibu mulai memperlihatkan tentang kerasnya kehidupan diluar sana dan ibu juga memperlihatkan bahwa manusia tak bisa terhindar dari hal yang membahayakan itu





Makna Arti Lirik Lagu Daerah Si Patokaan Provinsi Sulawesi Utara Makna Arti Lirik Lagu Daerah Si Patokaan Provinsi Sulawesi Utara Reviewed by seniwisatabudaya on 8:37 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.