-->

Makna Arti Lirik Lagu Kadal Nongak Daerah Lombok Nusa Tenggara Barat NTB



Makna-Arti-Lirik-Lagu-Kadal-Nongak-Daerah-Lombok-Nusa-Tenggara-Barat-NTB
Makna Arti Lirik Lagu Kadal Nongak Daerah Lombok Nusa Tenggara Barat NTB Makna-Arti-Lirik-Lagu-Kadal-Nongak-Daerah-Lombok-Nusa-Tenggara-Barat-NTB

Lirik Lagu Daerah Lombok NTBLagu Daerah Kadal Nongak adalah merupakan lagu daerah yang berasal dari suku sasak Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Lagu Daerah Kadal Nongak merupakan Lagu bentuk syair nasihat yang sering kali diberikan kepada anak-anak. Karena di dalam lagu Kadal Nongak memiliki nasihat dan petuah yang sangat penting.

Lagu Daerah Kadal Nongak ini berasal dari kisah ketika seorang anak gadis berasal dari keluarga Kerajaan Selaparang di pulau Lombok yang tidak mau mendengar kata-kata kakaknya yang seorang pangeran sehingga mendapat ganjaran atas kesalahan yang diperbuatnya sehingga ibunya (Permaisuri) yang dilanda rasa iba mencoba menasehati sang buah hati dengan cara menyairkannya.

Lagu Daerah Kadal Nongak menjadi sangat populer seiring dengan tobatnya sang putri dan membudaya di masyarakat Lombok Nusa Tenggara Barat NTB.

Kini lagu tersebut telah menjadi salah satu lagu daerah yang sangat populer di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Berikut adalah Makna Arti Lirik Lagu Kadal Nongak Daerah Lombok Nusa Tenggara Barat NTB

Kadal nongak leq kesambiq
Benang kataq setakilan
Aduh dende
Te ajah onyak ndek ne matiq
Payu salaq ke jarian
Aduh dende
Mun cempake siq kembang sandat
Saq sengake jari sahabat

Arti syair nasihat Kadal Nongak :

Kadal Nongak yang menghadap atas
Le' Kesambi' artinya di pohon kesambi' (berduri)
Benang kata' artinya benang yang mentah (telah rapuh di makan usia)
Setekilan artinya satu gantung besar nan padat dan penuh.
Tajah Onya' artinya dinasehati dengan baik-baik
De' Ne Mati' artinya tidak mau mendengar
Payu Sala' Kejarian artinya sehingga terkena kualat.
Ado Dende adalah sebutan atau bahasa halus ala suku sasak untuk menegur seorang gadis dengan penuh kasih sayang.
Mun Cempake si’ kembang sonda’ artinya bunga cempaka dan bunga labu
Sa' Sengake jari Sahabat artinya (semestinya) yang lebih tua itu dijadikan sahabat, sehingga mesti di dengar nasihatnya.

Makna Arti Lirik Lagu Daerah Kadal Nongak

Diumpamakan sebagai seorang kadal yang notabene berpijak di tanah . Namun, sang ratu memposisikan kadal yang bertahtakan pohon berduri itu menghadap ke atas, ia seolah angkuh dan acuh terhadap apa yang sedang ia pijaki.

Begitulah, sang putri yang angkuh tidak menyadari dirinya bahwa sebenarnya tahta yang ia miliki adalah duri yang akan melukai dirinya sendiri. Tindakan putri yang tidak mendengar kata kakaknya membawa sang putri merasa tersisihkan di masyarakatnya sendiri.  Seorang Kakak Mestinya Menjadi Sahabat bagi sang Adik.

Demikian Makna Arti Lirik Lagu Kadal Nongak Daerah Lombok Nusa Tenggara Barat NTB , semoga informasi seputar Lirik Lagu Daerah Lombok Nusa Tenggara Barat NTB ini bermanfaat, jangan lupa share di google plus dan berkomentar dan berkunjung kembali ke www.senibudayawisata.com


Makna Arti Lirik Lagu Kadal Nongak Daerah Lombok Nusa Tenggara Barat NTB Makna Arti Lirik Lagu Kadal Nongak Daerah Lombok Nusa Tenggara Barat NTB Reviewed by seniwisatabudaya on 6:32 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.