-->

Tempat Objek Wisata menarik dan wajib dikunjungi di Yogyakarta



Tempat-Objek-Wisata-menarik-dan-wajib-dikunjungi-di-Yogyakarta
Tempat Objek Wisata menarik dan wajib dikunjungi di Yogyakarta Tempat-Objek-Wisata-menarik-dan-wajib-dikunjungi-di-Yogyakarta

Tempat Wisata Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia

Provinsi Yogyakarta memiliki sejarah nilai kebudayaan unik dan tempat wisata yang menarik.  Banyak sekali tempat-tempat wisata yang wajib sobat kunjungi bersama keluarga bilamana sobat sudah berkunjung di jogya.

Salah satu tempat wisata terpopuler di Yogyakarta yang cukup terkenal hingga seluruh pelosok dunia yaitu candi borobudur di Yogyakarta yang begitu mampu membuat daya tarik terhadap kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Seiring perkembangan budaya wisata kota jogya , pemerintah setempat melestarikan budaya dan membuat cagar alam bagi tempat-tempat berpotensi aset budaya wisata.

Berikut adalah Tempat wisata terbaru dan terpopuler Objek Wisata menarik dan wajib dikunjungi di Yogyakarta

1. Candi Prambanan

Nama candi yang menjadi pilihan tempat wisata yang pertama ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Candi prambanan itulah nama candi di Yogyakarta yang dikenal cukup besar ini. Dengan ukurannya yang luas, candi Prambanan masuk dalam salah satu kategori candi hindu terbesar di Indonesia. Lukisan dinding yang ada pada candi prambanan banyak diartikan sebagai cerita Ramayana serta krsihnayana pada zaman dahulu. Bagi anda ingin mengunjungi lokasi candi prambanan, anda dapat mengunjungi melalui perjalanan sekitar 17 KM dari pusat kota Yogyakarta. Alat transportasi umum juga tersedia di tempat ini sehingga dapat anda jadikan pilihan angkutan menuju Candi Prambanan.

2. Candi Parangtritis

Bangunan candi satu ini dapat anda temukan ketika anda mengunjungi kota Yogyakarta. Tempat ini layak disebuat sebagai tempat wisata di Yogyakarta karena keramaian pengunjung yang setiap saat datang ke tempat ini. Jarak tempuh menuju candi Parangtritis adalah sekitar 25 KM dari arah selatan pusat kota Yogyakarta sehingga cukup terjangkau untuk ditempuh ketika berlibur di Yogyakarta. Dari tempat ini juga tersedia paralayang bagi pengunjung yang dapat digunakan saat berada di bukit parangtritis.

3. Jalan Malioboro

Setiap harinya jalan malioboro ini tidak pernah sepi dengan pengunjung. Di tempat ini banyak sekali dijual pernak – pernik khas Yogyakarta serta makanan khs Yogyakarta. So, jangan lupa bagi anda yang sedang berlibur ke kota Yogyakarta untuk segera mampir ke tempat wisata di Yogyakarta satu ini karena hanya tempat inilah yang menjual oleh – oleh unik untuk anda.


4.Goa Jomblang 

Goa Jomblang adalah sebuah goa wisata yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang mempunyai sebuah hutan purba di dalamnya. Selain itu, apabila anda datang ke Goa Jomblang pada jam 10 sampai dengan jam 12 siang, anda akan dapat melihat cahaya menembus goa yang sering disebut sebagai cahaya surga. Keindahan dan keunikan Goa Jomblang membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

5.Arung Jeram Citra Elo 

Arung Jeram Citra Elo adalah salah satu arung jeram yang ada di Yogyakarta. Arung Jeram Citra Elo adalah arung jeram yang paling cocok untuk keluarga atau pemula karena arusnya yang tidak berbahaya bila dibandingkan dengan sungai lain di sekitar Yogyakarta. Selain itu Arung Jeram Citra Elo juga dapat dimainkan kapan saja, tidak seperti sungai lain di Yogyakarta yang kebanyakan hanya dapat diarungi pada saat musim hujan saja.


6. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi. Keraton Yogyakarta merupakan sebuah bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditinggali oleh Sultan dan keluarganya. Selain dapat menikmati arsitektur kesultanan kuno, anda juga dapat berkunjung ke museum yang mempunyai koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa. Apabila anda ingin datang mengunjungi tempat wisata ini, datanglah agak pagi karena Keraton Yogyakarta buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 2 siang saja.



7.Kebun Binatang Gembira Loka 

Kebun Binatang Gembira Loka adalah sebuah tempat wisata keluarga di Yogyakarta yang mempunyai banyak koleksi hewan dari berbagai tempat di dunia. Selain dapat melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan seperti selayaknya kebun binatang pada umumnya, anda juga dapat bermain di beberapa wahana permainan yang terdapat di Kebun Binatang Gembira Loka. Wahana permainan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka yaitu kolam tangkap ikan, sepeda air, ATV, perahukayuh, menunggang gajah, menunggang onta, dan lain-lain. Harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka adalah 25,000 Rupiah per orang.


8.Istana Air Taman Sari 

Istana Air Taman Sari adalah sebuah tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada jaman dahulu. Selain itu, Istana Air Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang menyerang. Saat ini, Istana Air Taman Sari adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal karena keunikannya. Udara di sekitar Istana Air Taman Sari juga sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang berbau harum.


9.Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Ini dia tempat wisata di Jogja terbaru yang lagi hits, yaitu Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Bagi Anda yang membawa anak-anak dan keluarga nampaknya pas banget mengunjungi waterpark di Jogja ini. Jogja Bay merupakan waterpark terbesar, terlengkap, dan tercanggih di Indonesia.

Tempat rekreasi anak dan keluarga ini berada di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman atau di sebelah utara Stadion Maguwoharjo. Jogja Bay begitu sebutannya dikelola oleh PT Taman Wisata Jogja (TWJ) dengan menyewa tanah kas desa setempat seluas 7,7 hektar.

Jogja Bay merupakan tempat arena permainan air yang mengacu waterbom di Bali dan waterpark di Orlando AS. Wahana terlengkap juga berusaha dicapai oleh Jogja Bay dengan memiliki 19 jenis wahana dengan keunggulan ‘How to survive in tsunamy and earthquake’. Disini tidak sebatas wisata air saja. Melainkan ada wahana edukasinya.

Untuk mendukung keberadaan Jogja Bay, PT Taman Wisata Jogja akan menyediakan kantong parkir yang ada mampu menampung 400 mobil, 30 bus dan 1.000 kendaraan roda dua. Tak hanya itu, juga akan disediakan shuttle bus dari komplek parkir yang akan membawa pengunjung ke depan pintu masuk.

Harbour Theater juga menjadi pelengkap dari waterpark Jogja Bay. Teater ini berkapasitas 1.500 orang yang memiliki audio berkualitas tinggi. Wahana lainnya adalah labirin yang bernama Jogja Bay Lighthouse. Serta juga terdapat Kruger bar untuk menikmati aneka makanan dan minumuman.


10.Wisata Kalibiru

Salah satu tempat wisata alam di Jogja yang sedang naik daun adalah Kalibiru di Bukit Menoreh, Kulonprogo, sebelah barat Yogyakarta. Desa Wisata Kalibiru terkenal dengan pemandangan dari ketinggian yang indah. Mulai dari pemandangan Waduk Sermo hingga flying fox di atas bukit. Tak kalah cantik dengan Tebing Keraton di Bandung.

Satu yang wajib dilakukan adalah berfoto di sebuah pohon tempat flying fox. Sebuah latar datar seluas kurang dari 1 meter dibuat untuk tempat flying fox. Karena berada di ketinggian, pemandangan yang tersaji pun luar biasa.

Desa Wisata Kalibiru juga punya trek cantik yang bisa dipilih panjangnya. Ada yang 1,5 km hingga 7 km, tergantung keinginan. Wisata ke Desa Wisata Kalibiru di Kulonprogo bareng keluarga pastinya asyik. Biasanya seh anak muda yang suka banget ke tempat ini untuk berfoto dan menguploadnya ke instagram

11. Puncak Kosakora

Ini dia tempat wisata di Jogja terbaru yang pas banget buat anak muda yang suka selfie kekinian. Kosakora merupakan puncak bukit yang menawarkan keindahan yang sangat menawan. Dari Puncak Kosakora Anda bisa melihat pemandangan perbukitan, pemandangan pantai, sunrise dan sunset diatas Puncak Kosakora.

Untuk harga tiket masuk cukup terjangkau untuk menikmati panorama keindahan puncak bukit Kosakora. Lalu bagaimana jalan menuju Puncak Kosakora.

Rute jalan menuju Puncak kosakora secara singkat dapat di gambarkan sebagai berikut : Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BPD lurus ke timur – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pos Retribusi Kawasan Pantai Gunungkidul – mengikuti jalan ke arah Pantai Drini – Puncak Kosakora.

Sebaiknya Anda datang ke objek wisata ini ketika pagi atau sore hari, saat sinar matahari tak begitu menyengat. Jika ingin menikmati keindahan sunset dan sunrise bisa juga camping di Puncak Kosakora. Di tempat ini telah tersedia persewaan tenda dome untuk menginap tanpa harus membawa sendiri dari rumah.

Bagi Anda yang bosan berkunjung ke tempat itu-itu saja di Yogyakarta, mungkin bisa mampir ke Kebun Buah Mangunan. Tempat wisata di Jogja terbaru yang tengah naik daun tersebut memang menyajikan pemandangan indah Sungai Oya dari ketinggian.

Alamat dan lokasi Kebun Buah Mangunan terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul, dan 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Traveler dapat melihat keindahan alam Bantul yang masih hijau.

Selain itu, terdapat rekreasi keliling kebun buah hingga melihat pembibitan sapi. Sedangkan dari segi fasilitas, sudah ada penginapan ala homestay, gedung pertemuan, kolam renang, serta kantor manajemen. Asyik dan seru deh.


12.Upside Down World Jogja

Setelah sukses sebagai tempat wisata baru di Bali, kini Upside Down World hadir di kota Jogja. Objek wisata ini menyajikan sensasi suasana terbalik seperti di ruang angkasa. Bagi sobat traveler yang hoby narsis atau selfie, wajib deh mengunjungi tempat ini. Benar-benar unik dan keren! Pertama di Yogyakarta lho.

Sama seperti Upside Down World Bali, disini juga masih mengusung tema / konsep rumah atau tempat tinggal. Ada delapan spot untuk hunting foto disini, yaitu living room atau ruang tamu, bath room atau kamar mandi/toilet, kitchen atau dapur, master bed room, kids rooms, dining room atau ruang makan, laundry room, dan ada juga ruang 3 D.

Selain posisi yang serba terbalik, keunikan tempat wisata ini adalah semua furniture yang disediakan asli, bukan tempelan atau pun semacam lukisan 3 Dimensi. Sofa dan tempat tidurnya asli. Dapur dan segala peralatannya seperti wastafel, kompor gas, bahkan cairan buat cuci baju atau cuci piring pun asli/original. Bukan dari bahan plastik atau imitasi.

13.Taman Tebing Breksi 

Tebing Breksi terletak di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo, Prambanan ini menawarkan spot foto yang keren dan unik. Anda akan menemukan bongkahan bebatuan yang sebagian sengaja dipahat dengan ukiran yang cantik. Salah satunya adalah pahatan berbentuk wayang yang cocok sekali dijadikan sebagai latar untuk berfoto.

Bila dilihat secara sekilas, Bebatuan di Taman Tebing Breksi hampir mirip sengan Brown Canyon ikonnya wisata Semarang dan Green Canyon yang lagi ngetrend sebagai tempat wisata baru di Pangandaran. Perbedaannya mungkin terletak pada warna batuannya yang berwarna keabu-abuan.

Tak hanya bentuk bebatuannya yang indah, pemandangan di puncak tebing juga sangatlah menawan. Begitu sampai di puncak, Anda akan bisa melihat keindahan Candi Ijo dan Candi Ratu Boko berlatar Gunung Merapi hingga Merbabu. Di Kaki Tebing Breksi terdapat Tlatar Seneng yang digunakan sebagai tempat pertunjukan.

Karena di sekitar Taman Tebing Breksi tidak ada pohon sama sekali, maka bagi sobat traveler yang akan berkunjung kesini sebaiknya membawa topi, payung, dan sunblock. Bila Anda tak kuat panas, Anda bisa datang ke tebing ini ketika sore menjelang malam.


14.Hutan mangrove Pasir Kadilangu 

Hutan mangrove Pasir Kadilangu memang bukan tempat wisata Jogja terbaru. Namun terdapat spot foto baru yang berupa menara eiffel, pura, dan lorong heksagonal dari bambu. Hutan yang terletak di Kulon Progo ini menjadi opsi liburan menarik bagi anda dan keluarga.

Hutan mangrove Pasir Kadilangu ini terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo. Ada beberapa spot di sini yang dihubungkan dengan jembatan bambu sehingga anda dapat menikmati semua spot yang tersedia. Selain itu, anda juga dapat menyusuri Sungai Bogowonto untuk menikmati hamparan mangrove.


15.Bukit Kali Kuning

Objek wisata keluarga di Jogja ini menjadi hits dikalangan anak muda Jogja. Di sini, anda akan disuguhi pesona keindahan lereng Gunung Merapi.

Selain itu, anda juga dapat berswafoto dengan latar belakang kupu-kupu, hati, dan lain sebagainya. Anda juga dapat berfoto dengan burung hantu yang merupakan satwa asli Gunung Merapi.

Selain berwisata, anda juga dapat berkemah di kawasan Bukit Kali Kuning ini. Untuk berkemah, anda cukup membayar Rp 30.000. Untuk tiket masuk di tempat wisata alam di Jogja ini hanya Rp 3000 saja.

Demikian Tempat Objek Wisata menarik dan wajib dikunjungi di Yogyakarta, semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar dan berkunjung kembali ke website www.senibudayawisata.com

related post






Tempat Objek Wisata menarik dan wajib dikunjungi di Yogyakarta Tempat Objek Wisata menarik dan wajib dikunjungi di Yogyakarta Reviewed by Unknown on 8:52 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.