-->

Tempat Objek Wisata menarik dan wajib dikunjungi di Purbalingga Jawa Tengah



Tempat-Objek-Wisata-menarik-dan-wajib-dikunjungi-di-Purbalingga-Jawa-Tengah
Tempat Objek Wisata menarik dan wajib dikunjungi di Purbalingga Jawa Tengah Tempat-Objek-Wisata-menarik-dan-wajib-dikunjungi-di-Purbalingga-Jawa-Tengah

Tempat Wisata Jawa TengahPurbalingga merupakan salah satu wilayah kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang pada sisi sebelah utara, sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara, sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Banyumas.

Purbalingga Jawa Tengah termasuk dalam kawasan Tempat wisata menarik dan wajib dikunjungi yang banyak menyimpan banyak tempat wisata yang cocok bagi keluarga yang menghabiskan masa liburan sekolah dan lebaran.

Berikut adalah Tempat Objek wisata menarik dan wajib dikunjungi di Purbalingga Jawa Tengah

1. Objek Owabong

Owabong merupakan tempat wisata di Indonesia yang menjadi icon dari kota Purbalingga. Terdapat beberapa wahana air yang populer seperti Kolam renang olympic, waterboom, ember tumpah, kolam arus, Gokar, dan Fun Rating dan masih banyak lagi

Tempat wisata ini ada di daerah Purbalingga dengan kelebihannya yang berupa tempat wisata air. Objek Owabong dikenal dengan tempat wisata air yang membuat betah pengunjungnya untuk bermain air disana.

Bagi kalangan pengunjung yang datang ketempat ini biasanya akan disuguhkan kesegaran mata air pegunungan yang dingin dan menyejukkan


2. Desa Karang Banyar

Desa Wisata Karangbanjar merupakan daerah pedesaan dengan budaya yang cukup kental dengan keramahtamahannya.

Di desa  Karangbanjar , kamu bisa bersantai sambil memancing ikan di kolam pemancingan. Hasil tangkapanya pun bisa kamu masak di warung yang ada di sekitar lokasi.

Keberadaan kebun sayur dan buah di ladang warga semakin menambah keunikan menjelajahi desa karang banjar. Selain berfoto ria, kamu juga bisa berkemah di camping ground yang disediakan.

Salah satu kerajinan penduduk yang begitu ikonik di desa ini adalah rambut palsu, sapu dari bunga glagah, dan kerajinan dari tempurung kelapa yang bervariasi.

Kamu bisa membeli hasil kerajinan tangan tersebut sebagai souvenir yang dibuat secara handmade oleh warga setempat.

Selain itu, tersedia juga berbagai jajanan khas pedesaan bisa kamu nikmati, bahkan acapkali disuguhi atraksi kesenian Calung Banyumasan yang sangat menarik dan menghibur.


3. Purbasari Pancuran Mas

Tempat wisata di Purbalingga ini cukup dikenal dengan nama RiverWorld. Hal ini dikarenakan koleksi ikan air tawar berupa arwana, piranha, dan ikan raksasa arapaima gigas yang berasal dari sungai amazon dapat anda temukan diwilayah ini.

Objek wisata Purbasari Pancuran Mas mengusung konsep edukasi dengan berbagai permainan yang menyenangkan, tidak heran jika di akhir pekan banyak dikunjungi wisatawan.

Permainan seru dan suasana alam yang sejuk, menjadi daya tarik utama tempat ini. Beberapa objek andalan lokasi Purbasari Pancuran Mas seperti kolam renang dan waterboom, taman bermain, wisata praon menggunakan perahu, kolam terapi ikan dan juga theater 3 dimensi.

Bukan hanya sebagai tempat rekreasi yang menyenangkan, objek wisata ini juga menyajikan wahana pendidikan yang mengedukasi sesuai dengan konsep yang diusung.

Wahana tersebut berupa dunia air dengan tiga akuarium unik yang terisi dengan berbagai macam jenis ikan. Yaitu Akuarium eksotik, Akuarium Nusantara dan Planet Akuarium Toyoshuka.

Selain itu juga terdapat Taman Unggas, taman buah naga dan juga tempat konservasi rusa yang menjadi daya tarik tambahan wisata ini.

Konsep wisata ini juga ditunjang dengan berbagai fasilitas umum yang cukup lengkap.

Mulai dari aula serba guna yang bisa dimanfaatkan untuk seminar, pernikahan, dan pertemuan, homestay dengan tarif yang terjangkau, tempat parkir yang luas, kios suovenir dan juga restoran dengan menu lezat yang akan memanjakan lidah para wisatawan


4. Curug Nini

Kota Purbalingga ternyata juga dikenal dengan sebutan kota seribu curug. Di kota ini memang terdapat curug yang indah dan salah satunya adalah Curug Nini yang berada di Kecamatan Mrebet. Curug Nini ini beralirkan dari Sungai Pingen pemisah antara desa Pagerandong dan desa Cipaku.

Lokasinya pun beraada jauh di dalam hutan. Jadi untuk menuju ke objek wisata di Purbalingga ini anda harus berjalan kaki. Curug Nini memang tidak terlalu tinggi. Akan tetapi keindahan alam di sekitarnya mampu menarik banyak wisatawan. Apalagi kalau anda datang disaat musim bunga, kemekarannya akan menambah keindahan Air Terjun Nini.

5. Bukit Mertelu

Bukit Mertelu merupakan desinasi baru di Purbalingga yang memiliki Pemandangan cantik dengan spot unik ala ayunan langit mendadak ramai diperbincangkan wisatawan hingga kini.

Bukit Mertelu merupakan adapsi dari beberapa spot selfie cantik di kota lain, seperti Bandung dan Jogja. di bukit Mertelu  juga terdapat gardu pandang dengan landscape daerah purbalingga dari dataran tinggi.

Selain spot selfie dan gardu pandang, ada bukit jomblo berbentuk sarang burung mirip dengan destinasi yang ada di Tulungagung, juga ada gazebo unik yang banyak dijadikan tempat nongkrong.

Jalan-jalan ke bukit Mertelu serasa berkunjung ke daerah lain, jada kamu tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan spot foto cantik yang instagramable


6. Bukit  Senderan

Meskipun puncak Bukit Senderan bukan wisata baru di Purbalingga, namun jembatan selfie di sana selalu hits di instagram.

Jembatan puncak Senderan cocok buat kamu yang ingin hunting foto keren dengan latar panorama cantik. Meskipun tempat ini indah dijadikan untuk berswafoto, namun tidak mudah mencapai lokasi.

Butuh kehati-hatian menuju lokasi dengan medan yang cukup menantang. Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Adrenalin yang cukup terpacu pun akan terbayar bila berada di puncak.


7.Gunungwuled 

Desa Gunungwuled adalah desa tersembunyi dan tidak terlalu terekspos di media. Bahkan kalah populer dengan Desa Serang dan desa Panusupan.

Selain jauh dari kota Purbalingga, Gunungwelud juga belum tercatat sebagai daerah tujuan wisata.

Meski nyaris tidak pernah diperbincangkan. Tapi bukan berarti Gunungwelud tanpa potensi.

Bahkan belakangan foto gardu pandang puncak Sibarat dan lampion tengah sawah di sekitar lokasi mulai hits di instagram.

Selain kedua wisata hits di atas, ada beberapa objek wisata lain yang bisa dijadikan alternatif liburan untuk sekedar hunting foto.

8.Bukit Sibarat 

Puncak Bukit Sibarat mungkin tidak setenar dengan desa wisata Serang atau wisata goa Lawa di Purbalingga. Namun Puncak Sibarat menyimpan panorama alam yang begitu cantik.

Puncak sibarat mulai ramai dikunjungi saat foto-foto kekinian mulai tersebar hits di Instagram.

Terdapat gardu pandang yang menjadi daya tarik utama, lalu ada rumah terbalik dan menara setinggi 7m.

View hutan pinus dan gunung sumbing pun tidak luput dari penglihatan di sekitar puncak, lalu hunting foto sunrise akan semakin asik bila kamu ada di sini.

Bila kamu suka dengan suasana malam di area terbuka, kamu bisa mencoba berkemah dengan memanfaatkan area camping ground yang disediakan.

9.Bukit  batur 

Berkunjung ke puncak batur memang tidaklah mudah, kita harus berjalan untuk mendaki bukit ini.

Selama pendakian kamu akan mendapati 3 pos utama yang dijadikan tempat istrahat. Butuh sekitar 2 ½ jam untuk mencapai puncak. Namun, rasa lelahmu akan berkurang bila tiba di puncak.

Udara sejuk dengan hembusan angin turut menemani rasa lelahmu, juga hamparan hijau dengan awan putih di sekelilingnya seolah menyatu dengan alam.

Kamu pun seolah tertarik memainkan kamera untuk menghasilkan foto dengan pemandangan cantik.

10. Gua Lawa 

Lawa dalam bahasa Indonesai artinya kelelawar. Goa Lawa terletak di Desa Siwarak, Kecamatan karangreja, Kabupaten Purbalingga.

Goa Lawa ini mempunyai panjang 1,3 km dan ketinggian kurang lebih 900 Mdpl. Letak geografis inilah yang membuat Goa ini menjadi sangat sejuk dan adem.

Gua Lawa terbentuk dari lava vulkanik yang telah membeku selama beribu-ribu tahun. Akibat dari pembekuan ini terbentuk dinding-dinding kuat yang akhirnya terbentuk Gua Lawa

Gua Lawa  merupakan salah destinasi wisata alam yang belakangan hits di kunjungi di Purbalingga.

Di gua ini kamu akan diajak menjelajahi keindahan kedalaman gua dan seesekali disertai dengan tetesan air yang menyegarkan.

Dengan suasana alam yang masih sejuk dan asri, kamu akan mendapati pemandangan cantik dari vantilasi alami yang tersusun unik berjarak sekitar 30 meter satu sama lain.

.
Demikian Tempat Objek Wisata menarik dan wajib dikunjungi di Purbalingga Jawa Tengah , semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar dan berkunjung kembali ke website www.senibudayawisata.com

related post






Tempat Objek Wisata menarik dan wajib dikunjungi di Purbalingga Jawa Tengah Tempat Objek Wisata menarik dan wajib dikunjungi di Purbalingga Jawa Tengah Reviewed by Unknown on 5:53 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.