-->

Tempat Objek Wisata Alam Menarik dan wajib dikunjungi di provinsi Sumatera Utara



Tempat-Objek-Wisata-Alam-Menarik-dan-wajib-dikunjungi-di-provinsi-Sumatera-Utara
Tempat Objek Wisata Alam Menarik dan wajib dikunjungi di provinsi Sumatera Utara Tempat-Objek-Wisata-Alam-Menarik-dan-wajib-dikunjungi-di-provinsi-Sumatera-Utara

Tempat Wisata Sumatera Utara Sumatera Utara adalah sebuah provinsi di Pulau Sumatera yang memiliki banyak kebudayaan tarian, rumah adat sumatera utara, pakaian adat sumatera utara dan tempat-tempat objek wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri.

Karena di provinsi Sumatera Utara terdapat destinasi tempat-tempat manarik dan indah dengan pesona pemandangan yang eksotis .

Berikut adalah Destinasi Tempat Objek Wisata Alam Menarik dan wajib dikunjungi di provinsi Sumatera Utara :

1. Danau toba dan pulau samosir

Sepertinya ini kunjungan wajib anda apabila bewisata di sumatera utara danau toba merupakan danau terbesar di asia tenggara sedangkan pulau samosir di sebut pulau dalam pulau. Danau toba memberikan pemandangan alam yang eksotis dengan perbukitan dan sejuknya udara pegunungan. Sedangkan dipulau samosir juga menawarkan pemandangan alam yang tidak kalah indahanya ditambah lagi di pulau ini terdapat dua buah danau kecil yang beranama danau sidihoni dan danau aek tonang. Danau diatas danau merupakan hal yang unik kan?

2. Air terjun sipiso piso

Air terjun Sipiso-piso terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Indonesia. Kecamatan ini berada sekitar 24 km dari Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Air terjun Sipiso piso hanya terpisah jarak sejauh 35 km dari kota wisata Berastagi, Kabupaten Karo, dan hanya memerlukan sekitar 45 menit dari Kota Medan, Ibukota Provinsi Sumatra Utara, Air Terjun Sipiso-piso terbukti mampu mengangkat reputasi Kabupaten Karo sebagai salah satu daerah tujuan pelancong domestik maupun mancanegara. Air terjun ini berada di ketinggian lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus.

Air Terjun Sipiso piso merupakan sebuah kawasan wisata alam yang terletak tidak jauh dari permukiman masyarakat Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Dengan mengunjungi Desa Tongging, Anda akan menikmati pemandangan yang indah seperti kawasan wisata di Desa Tao Silalahi yang berada di dekatnya. Sebelum menikmati air terjun dari dekat, kita akan disuguhi pemandangan indah Tanah Karo dari gardu pandang yang ada di puncak bukit, titik pangkal aliran air terjun Sipiso-piso. Dari puncak bukit yang mengitari Air Terjun Sipiso-piso ini pula kita dapat menyaksikan keindahan lansekap Danau Toba, sebuah danau vulkanik terbesar kedua di dunia.

3. Gunung sibayak

Gunung Sibayak atau Gunung Raja, merupakan gunung berapi aktif setinggi 2.095 m, yang terletak di Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Untuk mencapapai tempat ini, diperlukan waktu tempuh dengan kendaraan, sekitar 2 jam dari Kota Medan. Di dalam kawah Gunung Sibayak yang memiliki diameter 200 m, terdapat bebatuan yang mengeluarkan asap.

Gunung Sibayak jalur terdekat dari desa Raja Berneh (Semangat Gunung) Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Karo (60 KM dari Kota Medan) . Untuk mencapai ke sana, salah satu jalurnya melalui Desa Semangat Gunung (Desa Raja Berneh). Desa itu sangat indah dengan panorama alam dan hamparan perkebunan sayur-sayuran,  tanaman hias dan buah-buahan. Masyarakatnya bercorak masyarakat agraris, yang masih berpegang pada tradisi leluhur dengan kehidupan sosial yang multikultural. Dalam perjalanan menuju Gunung Sibayak, di sepanjang jalan akan terlihat pemandangan tradisional, berupa rumah-rumah adat Batak Karo yang telah berusia sekitar  250 tahun. Di kaki  Gunung Sibayak terdapat sumber air panas yang sering didatangi para pengunjung. Uap airnya mengandung belerang, sehingga tercium agak menyengat. Kondisi  alamnya masih natural, dipenuhi pepohonan bambu dan rotan. Untuk menuju arah puncak, para pendaki dapat melewati jalan setapak sebagai jalur resmi  pendakian.

Jalur lainnya dari kota Berastagi,  yang berjarak lebih kurang 77 km dari Medan , dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih dua jam dengan mengendarai kendaraan roda dua atau empat. Oleh karena lokasi ini merupakan salah satu tujuan wisata utama di Kabupaten Karo, dengan demikian tidak sulit mencari penginapan kelas melati di Desa Semangat Gunung atau pun hotel berbintang. Restoran dan kedai makanan juga ada di sekitar Berastagi. Dari puncak Gunung Sibayak, wisatawan dihadiahi pemandangan indah Kota Medan dan Dataran Tinggi Berastagi. Suasana Brastagi yang dingin mirip Bandung dan juga seperti Bogor, dingin dan sejuk.

4. Air terjun dua warna

Wisata ini terletak di kecamatan sibolangit kabupaten deli serdang dan terletak di kawasan gunung sibayak. Sesuai namanya air terjun ini memiliki 2 warna Awalnya berwarna biru muda, namun setelah turun akan memiliki warna putih ke abu-abuan. Hal ini karena adanya phospor dan belerangnya. Dan dilarang minum air terjun ini

5. Bukit Lawang

Bukit Lawang merupakan sebuah desa wisata kecil di bagian Sungai Bahorok di Sumatra Utara. Tempat wisata ini terletak sekitar 86 kilometer sebelah barat laut Medan. Bukit Lawang dikenal sebagai tempat perlindungan hewan khususnya Orang utan Sumatra

6. Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun ini konon merupakan air terjun tertinggi di Indonesia yaitu sekitar 250 meter terletak di kabupaten toba samosir. Letaknya dekat dengan danau toba sehingga menarik cukup banyak pengunjunga yang ingin melihat air terjun ini. aliran air air terjun ini juga digunakan untuk pembangkit listrik.


7. Pantai Lagundri dan sorake

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake merupakan 2 pantai yang berada dalam satu garis pantai. Jarak kedua pantai itu hanya dua kilometer. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara. Kedua pantai tersebut sudah tersohor di kalangan para peselancar profesional domestik maupun mancanegara. Penggila olahraga selancar dari mancanegara beduyun-duyun berkumpul di pantai ini pada April hingga September setiap tahunnya.

Para pecinta surfing itu tergila-gila karena lipatan gelombang yang tingginya mampu mencapai 7 hingga 10 meter dengan lima tingkatan.   Selain itu, panjang daya dorong ombak di kawasan ini nyatanya bisa mencapai 200 meter.   Akan lebih menarik dan menantang ombaknya saat tiba bulan purnama. Salah satu yang membuat ombak di Pantai Lagundri ini ideal bagi selancar adalah karena lokasinya berhadapan dengan Samudera Indonesia dan juga merupakan tempat bertemunya teluk sehingga ombak akan mengalir besar. Pantai Lagundri sudah beberapa kali menjadi lokasi lomba selancar baik nasional maupun internasional. Nias Open adalah salah satu kejuaraan yang rutin  diselenggarakan dimana ratusan peselancar mancanegara terutama dari Australia begitu mendominasi lautannya.

8. Bukit gundaling

Bukit gundaling terletak di brastagi . Bukit yang memiliki ketinggian 1575 dari permukaan laut, ini sangat nyaman sebagai tempat rekreasi keluarga. Dari atas bukit ini pula kita dapat menikmati panorama gunung berapi Sibayak dan Sinabung. Menurut situs resmi Pemeritah Kota Medan, bahwa lokasi wisata ini sudah dikenal sejak jaman penjajahan Belanda sebagai tempat rekreasi yang mengasyikan.

9.Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Tempat Rekreasi Air Panas di Sumatera yang bernama Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara. Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah sebuah kawasan bukit kapur, menyerupai sebuah danau, dan memiliki warna tanah yan gunik, yakni bewarna putih menyerupai salju.

Di tengah-tengah Salju panas Dolok Tinggi Raja, terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan. Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang belum terkenal namun sangat menarik untuk dikunjungi. Berita miringnya, berdasarkan info dari blog-walking, kondisi jalan menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja kualitasnya kurang mendukung, bahkan banyak warga setempat yang meminta uang.

10.  Danau Linting 

Danau Linting  berlokasi di Desa Sibunga-bunga Hilir, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Medan. Danau Linting adalah salah satu danau unik yang bisa dikunjungi di sekitar Kota Medan. Unik sebab airnya berwarna hijau dan biru, yang disekelilingnya terdapat batu cadas.

Danau Linting merupakan sebuah danau vulkanik dengan ukuran sekitar 1 hektar dan mengandung belerang sehingga warna airnya bewarna kehijauan. Apabila anda ingin berenang berhati-hatilah karena Danau Linting memiliki air cukup dalam, diperkirakan kedalaman lebih dari 100 meter.

Danau mungil yang memiliki nuansa menyejukkan ini disekelingnya terdapat pepohonan dengan akar yang panjang, bernuansa mistis sekaligus mempesona.

11.Air terjun Aek Sijornih

Air terjun Aek Sijornih — bahasa batak yang mempunyai arti air jernih — berlokasi di Desa Aek Libung, Aek Sijornih, Tapanuli Selatan. Air terjun ini merupakan sebuah tempat wisata di Sumatera Utara. Aek Sijornih adalah terdiri dari dua buah air terjun berukuran kecil yang melewati tebing miring dengan kandungan kapur. Tempat ini belum begitu populer, maka dari itu jadilah yang pemula. Sumber kedua air terjun ini berasal dari mata air perbukitan yang mengitari Kecamatan Batang Angkola dan Sayur Matinggi. Konon, pada musim hujan, sumber air yang mengandung kapur di perbukitan itu tidak pernah keruh. Sedang  pada musim kering, curah air justru semakin meningkat.

Air terjun Aek Sijornih ini memiliki ketinggian sektar 10 m dan dikelilingi pohon-pohon kelapa disekitarnya bahkan ada yang tumbuh di tengah air terjun. Pada aliran air terjun pertama dibiarkan mengalir dalam bentuk parit-parit kecil, sedangkan yang aliran yang lebih besar ditampung dalam kolam-kolam buatan untuk pemandian. Kolam-kolam tersebut terbagi dua, besar, ada yang dan kecil. Yang kecil dibuat dengan kedalaman setengah meter untuk anak-anak, sedangkan yang besar dengan kedalaman lebih dari satu meter untuk orang dewasa. Dari kolam dewasa, pengunjung dapat naik ke atas menelusuri aliran sungai dan dapat memilih tempat yang nyaman.

12.Taman Nasional Gunung Leuser 

Taman Nasional Gunung Leuser adalah sebuah area pelestarian alam yang berlokasi di 2 Provinsi yaitu Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darusalam. Selain berfungsi sebagai area pelestarian alam, Taman Nasional Gunung Leuser juga menjadi tempat wisata alam di Sumatera Utara yang cukup menarik karena keanekaragaman fauna dan floranya. Taman Nasional Gunung Leuser sangat cocok untuk mencari ketenangan dari keseharian suasana kota yang biasa kita rasakan.

13. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar, dengan airnya yang berwarna biru, terletak di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Danau Lau Kawar memiliki luas sekitar 200 hektar. Walau lebih kecil dari Danau Toba, Danau Lau Kawar memiliki suasana yang asri dengan banyak pepohonan hijau di kaki gunung sehingga tidak kalah indah dari Danau Toba. Pinggir Danau Lau Kawar sering digunakan oleh grup yang berkemah, beristirahat saat mendaki Gunung Sinabung. Selain itu kita juga dapat melihat beberapa orang memancing di tengah danau dengan menggunakan perahu kecil.

Demikian Informasi Tempat Objek Wisata Alam Menarik dan wajib dikunjungi di provinsi Sumatera Utara, semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar dan berkunjung kembali ke website www.senibudayawisata.com

related post






Tempat Objek Wisata Alam Menarik dan wajib dikunjungi di provinsi Sumatera Utara Tempat Objek Wisata Alam Menarik dan wajib dikunjungi di provinsi Sumatera Utara Reviewed by Unknown on 6:48 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.