-->

kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di jawa tengah



kota-destinasi-tempat-wisata-terbaik-populer-terkenal-di-jawa-tengah
Kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di jawa tengah kota-destinasi-tempat-wisata-terbaik-populer-terkenal-di-jawa-tengah

Tempat Wisata Jawa Tengah - Jawa Tengah adalah sebuah provinsi Indonesia dengan ibu kota Semarang terletak di bagian tengah Pulau Jawa yang kotanya adalah Semarang. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Letaknya sangat strategis sehingga menjadi salah satu destinasi tempat objek wisata bagi para pelancong wisatawan domestik dan wisatawan luar negeri.

Jawa Tengah terdapat banyak kota objek wisata yang sangat menarik diantaranya Candi Borobudur , Candi Prambanan , Candi Angin, Masjid Mantingan, Kelenteng Hian Thian Siang Tee, Benteng Portugis, Benteng VOC, Museum Gong Perdamaian Dunia, Museum R.A Kartini  Air Terjun Jumog, Air Terjun Grojogan Sewu. Sobat bisa berkunjung bersama keluarga dan anak untuk menghabiskan waktu liburan sekolah atau libur panjang untuk

banyak destinasi kota tempat wisata menarik di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika musim liburan dan akhir pekan. Nah, buat Anda yang sedang merencanakan piknik dalam waktu dekat, kota tempat wisata di Jawa Tengah berikut mungkin bisa menjadi rekomendasi yang cocok.

1. Candi Borobudur – Kota Magelang

Candi Borobudur yang terletak di Magelang, tepatnya 40 km arah barat laut Yogyakarta. Tempat wisata di Jawa Tengah ini merupakan peninggalan agama Budha masa lampau.

Borobudur pernah menjadi salah satu ikon dunia sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Di kompleks Candi Borobudur sendiri terdapat 1.460 relief dan 504 stupa yang hingga sekarang masih terjaga keasliannya.

Candi Buddha terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Indonesia. Diperkirakan selesai dibangun pada abad ke-9 oleh Dinasti Syailendra. Candi dengan luas bangunan 15.129 m2 ini bukan hanya wisata sejarah, tetapi juga menunjukkan kemegahan arsitektur Indonesia zaman dulu. Candi ini juga merupakan tempat penting bagi penganut Buddha.

Alat transportasi umum menuju Borobudur adalah bus dari Terminal Jombor Yogyakarta atau angkutan kota dari Kota atau Kabupaten Magelang, turun di Terminal Borobudur.

2. Candi Prambanan – Kota Klaten


Candi Prambanan yang terletak di Klaten, tepatnya di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Candi Prambanan yang merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia pernah mengalami beberapa kali pemugaran, terutama pasca gempa Jogja pada 2006 silam. Meski begitu, kesan asli candi yang bersejarah tetap tidak hilang dari bangunan ini. Candi Prambanan lekat dengan Legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

3. Puri Maerokoco – Semarang



Puri Maerokoco merupakan Taman Mini Indonesia Indah-nya Jawa Tengah ini dengan berbagai jenis kebudayaan khas Jateng seperti pakaian khas, rumah adat, sampai permainan tradisional.

Tempat wisata di Jawa Tengah ini sangat cocok dijadikan destinasi liburan akhir pekan bersama keluarga,  karena ada banyak wahana menarik yang bisa dicoba, mulai dari perahu, kereta, sepeda air, dan wahana lain yang tak kalah menarik.

4. Kota Lama – Semarang


Kota Lama merupakan sebuah kawasan yang oleh pemerintah kolonial dulu dijadikan sebagai pusat perniagaan. Di sini, Anda bisa menjumpai bangunan-bangunan peninggalan Belanda, seperti Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Jembatan Mberok, PT Pelni, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Polder Air Tawang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedikit informasi, Kota Lama Semarang juga dijuluki sebagai The Little Netherland (Belanda Kecil), sebab konsep dan tata kelola tempat di sini sangat mirip dengan salah satu sudut kota di Belanda.

Yang menarik, Anda bisa singgah ke berbagai tempat makan yang masih sangat berbau Eropa, baik dari bangunannya maupun menu yang ditawarkan, salah satunya adalah Toko Oen yang merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang paling terkenal. Menu favorit pengunjung di restoran ini adalah es krim.

5. Lawang Sewu – Semarang


Lawang Sewu merupakan bangunan peninggalan zaman kolonial di Lawang Sewu, Semarang. Meskipun namanya Lawang Sewu, bukan berarti bangunan ini memiliki 1.000 pintu. Hanya saja bangunan ini memang memiliki jumlah pintu yang sangat banyak.

Pada zaman dulu, Lawang Sewu dipakai sebagai kantor pusat perkeretaapian di wilayah Semarang. Tidak heran kalau berkunjung ke sini, Anda akan melihat banyak miniatur kereta yang dipajang di meja yang dilindungi kaca-kaca.

Aura mistis seketika akan menyergap Lawang Sewu pada malam hari. Kalau Anda suka menguji nyali, cobalah datang dan jelajahi bangunan kuno ini ketika matahari sudah terbenam, dijamin bulu kuduk Anda akan merinding. Keindahan dan keklasikan arsitektur bangunannya juga membuat tempat wisata di Jawa Tengah ini sering dijadikan latar fotografi, syuting film, dan semacamnya.


6. Masjid Agung Jawa Tengah – Semarang



Masjid Agung Jawa Tengah dibangun sejak tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006 ini mengadaptasi arsitektur Islam, Romawi, dan Jawa, lho.

Di sini, Anda bisa menaiki tower masjid dan melihat indahnya Kota Semarang dari ketinggian. Yang paling menarik di sini adalah payung raksasa berjumlah 6 buah seperti yang terdapat di Masjid Nabawi di Tanah Suci.

Masjid Agung Jawa Tengah tentu merupakan pilihan yang menarik bagi Anda yang senang berkunjung ke tempat-tempat bernuansa religi.

7. Grojogan Sewu Tawangmangu – Karanganyar



Grojogan Sewu Tawangmangu  merupakan tempat wisata di Jawa Tengah ini paling pas dikunjungi saat musim penghujan. Selain udaranya lebih sejuk, debit air yang banyak juga membuat air terjun terlihat makin megah. Banyak juga fasilitas yang disediakan pihak pengelola untuk para pengunjung.

Tidak hanya itu, di tempat wisata Jawa Tengah ini mata Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan yang masih sangat asri dan hijau. Bonus poinnya adalah kera-kera yang berkeliaran di lokasi wisata. Jadi, hati-hati dengan barang bawaan Anda ketika berkunjung ke mari ya, sebab lengah sedikit bisa raib semuanya.

8. Kampung Batik Laweyan – Solo


Kampung Batik Laweyan merupakan kampung yang berdiri sejak Kerajaan Pajang memerintah di Jawa Tengah, yakni sekitar abad 16. Selain bisa berbelanja batik Solo asli, di sini Anda juga akan disuguhi keindahan arsitektur bangunan khas Eropa yang kokoh dan megah, terlihat pada rumah-rumah yang dulunya milik para saudagar batik.

Menurut penuturan sejarah, warga kampung ini mulai membatik sejak zaman dulu lewat pitutur Kiai Ageng Henis (kakek Panembahan Senopati). Sampai sekarang, warga Kampung Laweyan masih setia dengan hobi dan pekerjaan membatik.

9. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat – Solo


Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat adalah peninggalan raja Islam zaman dulu,yang dibangun oleh Paku Buwana II pada tahun 1744 silam dan sekarang dikelola oleh Pemerintah Kota Solo menjadi objek wisata sejarah yang ramai dikunjungi wisatawan. Di tempat wisata di Jawa Tengah ini, Anda akan menjumpai barang-barang peninggalan keraton serta fragmen berbagai candi yang terdapat di Jawa Tengah.

Ada satu bagian di keraton tersebut yang sangat kental dengan nilai sejarah sekaligus mistis, yaitu Panggung Sanggabuwana. Konon, di tempat inilah Susuhan melakukan semedi dan bertemu dengan penguasa pantai selatan yang melegenda, Nyi Roro Kidul.

Selain dipakai sebagai objek wisata, Keraton Surakarta juga selalu menjadi lokasi aneka gelaran budaya, seperti Suranan, Sekaten, dan peringatan hari besar Islam lainnya. Jika ingin menyaksikan kemeriahan upacara budaya di tempat ini, datanglah pada hari-hari besar Islam, seperti misalnya saat menjelang bulan Ramadan.

10. Umbul Ponggok – Klaten


Umbul Ponggok adalah Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang sedang banyak diburu wisatawan adalah Umbul Ponggok yang berada di Klaten. Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam renang raksasa yang dikonsep mirip lautan, lengkap dengan ikan, batu karang, dan segala pernik-perniknya.

Tidak hanya bisa bermain air, Anda pun bisa menyelam sembari berpose di dalam air. Saking indahnya tempat wisata di Jawa Tengah ini sampai banyak calon pengantin yang menjadikannya lokasi untuk foto prewedding lho.

11. Pantai Karang Bolong – Kebumen


Pantai Karang Bolong  merupakan pantai laut selatan di daerah kebumen yang  populer dengan garis pantainya yang indah.  Pantai ini terkenal bahkan sampai ke mancanegara karena keindahan bukit-bukit karangnya. Selain itu, pengunjung juga bisa berwisata dengan nyaman karena di sini banyak terdapat pohon kelapa yang menambah kesan segar.

Membicarakan Pantai Karang Bolong tentu kurang jika tak membahas rumah-rumah burung walet yang terdapat di dalam gua, yakni Gua Pasir, Karangduwur, dan Karang Bolong. Dalam setahun, para petani walet biasanya melakukan proses panen sebanyak 4 kali.

Uniknya, mereka akan melakukan upacara khusus untuk meminta keselamatan sebelum melakukan panen air liur walet ini. Tidak heran, sebab medannya memang cukup berbahaya.

12. Gua Petruk – Kebumen


Gua Petruk terdapat di atas bukit kapur setinggi 75 meter ini berada di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Ayah yang cantik itu.

Menurut informasi yang diberikan pengelola, Gua Petruk memiliki panjang kurang lebih 2.000 meter, tapi hanya bisa dijelajahi sampai batas maksimal 350 meter saja.

Di gua ini, pengunjung akan disuguhi dengan ornamen asli pahatan alam berupa stalaktit dan stalagmit yang tersebar di sepanjang badan gua. Dari stalaktit tersebut, berjatuhan tetesan air kapur. Di gua ini juga terdapat sebuah sendang (kolam pemandian) dan air terjun.


13. Dataran Tinggi Dieng – Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng merupakan sebuah daerah sejuk yang berada di ketinggian 2.000 mdpl, persisnya 30 km dari pusat Kota Wonosobo. Di tempat wisata di Jawa Tengah ini, ada sebuah kawah gunung berapi yang masih aktif. Selain udaranya sejuk dan pemandangannya sangat asri, pengunjung juga bisa melihat sebuah candi Hindu yang terletak di sekitar lokasi.

Tempat wisata di Jawa Tengah ini sangat cocok untuk Anda yang suka mendaki dan bermalam di gunung sambil menikmati alam. Setiap hari, ada banyak pecinta alam yang mendaki dan mendirikan tenda di atas.

Tiga objek wisata atau landmark paling memikat yang bisa Anda saksikan di Dataran Tinggi Dieng antara lain Bukit Sikunir, Telaga Warna, dan Sumur Jalatunda yang masing-masing mempunyai legenda yang sangat menarik.

14. Taman Nasional Karimun Jawa – Jepara


Taman Nasional Karimun Jawa merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi Dinas Pariwisata setempat. Tidak hanya memiliki garis pantai yang indah, tempat wisata ini juga punya kekayaan laut yang begitu luar biasa, mulai dari ikan, terumbu karang, dan yang lainnya.

Terletak sekitar 83 km arah barat laut Jepara, di sini Anda bisa melakukan beragam aktivitas yang seru dan menyenangkan, seperti misalnya menyelam, berenang, memancing, snorkeling, atau sekadar bermain pasir di pantai. Tidak hanya itu, Anda juga akan dibuat betah dengan keramahan penduduk setempat.

Anda tentu tak ingin melewatkan objek wisata yang disebut-sebut memiliki spot diving terindah di Indonesia ini, bukan?

15. Kawasan Wisata Baturaden – Banyumas


Kawasan Wisata Baturaden 
terdapat di Banyumas, tepatnya di lereng bagian selatan Gunung Slamet. Selain dapat merasakan hawa yang sejuk, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Kota Purwokerto, Pulau Nusakambangan, dan pantai-pantai indah yang terdapat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Baturaden sendiri sangat terkenal berkat pemandian air panasnya (hot spring) yang bernama Pancuran Pitu dengan aroma belerang yang masih sangat kuat. Di sini juga terdapat hutan hijau Wana Wisata yang sangat cocok dijadikan area piknik dan berkemah dengan keluarga maupun teman-teman.


16. Pantai Teluk Penyu

Berada di salah satu kabupaten paling barat di Jawa Tengah, Pantai Teluk Penyu terkenal dengan panoramanya yang menawan dan ombaknya yang tinggi. Aktivitas di pantai ini biasanya adalah bermain bola, berenang, atau melakukan watersport. Jika beruntung, Anda dapat menyaksikan upacara sedekah laut yang dilakukan oleh warga setempat.

Pantai ini memiliki fasilitas lengkap untuk membuat pengunjungnya nyaman, di antaranya gazebo, toilet, tempat ibadah, kolam pemancingan, dan perahu untuk menyeberang ke Pulau Nusakambangan.

Berlokasi di Cilacap Selatan 53211, hanya sekitar 2 km dari pusat Kota Cilacap, pantai ini dapat dijangkau mengunakan ojek atau taksi dari terminal dan stasiun di kota tersebut.

17. Benteng Pendem Cilacap

Di dalam area wisata Pantai Teluk Penyu, terdapat Benteng Pendem Cilacap, sebuah bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1861. Benteng ini berdiri di atas lahan seluas 6,5 ha dan pernah tertutup pasir pantai karena tidak terurus. Karena itulah, benteng ini diberi nama Pendem, dari kata bahasa Jawa “pendhem” berarti “tertimbun”.

Pada tahun 1986, pemerintah lokal menggali benteng ini kembali dan kini telah dibuka untuk dijadikan tempat wisata sejarah. Benteng ini dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan Belanda dan dikelilingi oleh parit berisi air—dulunya dengan kedalaman sepuluh meter. Beberapa ruangan merupakan gudang senjata dan ruang rawat tentara yang terluka.


18. Dream Land Water Park

Dream Land Water Park adalah taman rekreasi air seluas delapan hektare di Kabupaten Banyumas. Wahana yang ada di taman ini merupakan salah satu yang terlengkap di Jawa Tengah. Tempat wisata ini memiliki mata air alami yang menjadi sumber airnya, sehingga Anda dapat menikmati rasanya bermain di air yang segar dan bersih karena mengalir setiap hari.

19. Owabong Waterpark Purbalingga

Owabong merupakan sebuah taman rekreasi air dengan luas 4,8 ha di Purbalingga. Area ini merupakan kolam renang pribadi warga Belanda pada zaman penjajahan, kemudian dibeli oleh seorang keturunan Tiongkok, sebelum akhirnya dibeli oleh pemerintah daerah setempat. Pemerintahlah yang kemudian membangun tempat tersebut menjadi tempat wisata untuk umum.

Di taman rekreasi air ini, terdapat lima belas wahana yang bisa Anda nikmati, di antaranya kolam arus, ember tumpah, kolam pesta air, kolam permainan, rafting adventure, dan terapi ikan. Ada juga wahana yang berada di darat seperti bioskop 4D dan sirkuit go-kart.

Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB dengan biaya masuk Rp23.000 pada akhir pekan atau liburan dan Rp18.000 setiap Senin sampai Jumat. Untuk sampai ke sini, dari Terminal Purbalingga Anda dapat naik angkutan kota atau bus jurusan Purbalingga-Bobotsari atau Purbalingga-Pemalang.

20. Waduk Mrica Banjarnegara

Pemandangan menakjubkan Waduk Mrica sudah menunggu Anda di Banjarnegara. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang membuat pengunjung merasa puas, di antaranya perahu motor, perahu dayung, pemancingan, padang golf, dan area permainan anak. Anda juga dapat berjalan-jalan di area tepi waduk yang asri, lalu berhenti untuk menikmati kuliner khas Banjarnegara seperti dawet dan serabi.

Dengan panjang 6,5 km dan luas 1.250 ha, Waduk Mrica merupakan bendungan terpanjang di Asia Tenggara dan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 184,5 megawatt, daya listrik yang cukup besar untuk dialirkan di Pulau Jawa dan Bali.


21. Arung Jeram Sungai Serayu
Sungai Serayu sepanjang 181 km mengalir melalui empat kabupaten di Jawa Tengah, yaitu: Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, dan Banyumas. Hulu sungainya berada di lereng Gunung Prau di Dieng, Wonosobo. Anda dapat berkunjung ke sungai ini kalau ingin merasakan aktivitas menantang, arung jeram Sungai Serayu.

Arung jeram dapat dilakukan di Wonosobo dan Banjarnegara, kedua lintasan sama-sama menantang. Untuk jalur Wonosobo, Anda dapat memilih panjang lintasan dan titik mulai berbeda, tetapi rata-rata adalah sepanjang 20 km.

Dengan pengaturan sebelumnya, penyedia jasa arung jeram dapat menyediakan termasuk transportasi lokal, minuman, kelapa muda pada saat arung jeram, makanan, dan sertifikat rafting.

22. Pantai Menganti


Pantai Menganti  disebut “Surga di pantai Selatan Jawa”,  Sebutan yang tidak berlebihan untuk pemandangan alam yang luar biasa; pantai berpasir putih, air laut yang hijau dengan deburan ombak tinggi, dan perbukitan hijau di sepanjang pantai. Kombinasi ketiganya menghadirkan pemandangan menakjubkan.

Di perbukitan sepanjang pantai, terdapat gubuk-gubuk tempat pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai dan semilir air laut. Sayangnya, lokasinya di Desa Karang Duwur, Kecamatan Ayah sulit dijangkau. Anda harus naik motor sehingga transportasi ojek adalah pilihan tepat. Namun, perjuangan selama perjalanan akan terbayar lunas dengan panorama menakjubkan satu-satunya pantai berpasir putih di Jawa Tengah ini.


23. Gua Jatijajar

Gua Jatijajar adalah Gua terbaik dan terindah di Kabupaten Kebumen ini tidak hanya menyajikan pemandangan gua kapur dengan stalaktit dan stalakmit besar, tetapi juga memiliki mitosnya sendiri. Menurut masyarakat, gua ini merupakan tempat bertapa putra mahkota Kerajaan Pajajaran, Raden Kamandaka. Kisah pertapaannya kemudian dikisahkan melalui 32 patung di dalam gua.

Gua dengan panjang 250 m; lebar 15 m; tinggi 12 m memiliki tujuh sungai mengalir di dalamnya. Anda tidak diperbolehkan mandi di dalam gua, tetapi Anda dapat mandi di kolam air alami yang ada di luar gua, tempat terdapat patung dinosaurus yang bagian mulutnya mengeluarkan air.


24. Pantai Ketawang Purworejo
Pantai Ketawang masih cukup sepi dibandingkan pantai terkenal lain di Purworejo, Pantai Jatimalang. Pantai ini memiliki ciri khas dengan bangunan mercusuarnya yang besar dan tinggi. Mercusuar ini dikelilingi rawa dan sawah yang digunakan warga untuk beternak ikan dan bercocok tanam. Selain bermain di pantai, di tempat wisata ini Anda juga dapat melihat pemandangan alam Pegunungan Sewu dan Perbukitan Menoreh yang hijau.

Pantai ini terletak di perbatasan Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Purworejo. Anda dapat naik angkutan umum dari pusat Kabupaten Purworejo sampai ke Kecamatan Grabag, kemudian melanjutkan perjalanan ke pantai menggunakan ojek.

25. Gua Seplawan Purworejo

Gua Seplawan adalah gua kapur sepanjang 700 m. Anda harus menuruni tangga untuk masuk ke dalam gua, di dalamnya terdapat kolam, stalaktit, dan stalakmit. Selain memiliki arca emas Dewa Syiwa dan Parwati, Gua Seplawan memiliki 34 lorong yang belum sepenuhnya terungkap. Salah satu lorong tersebut, menurut mitos, adalah jalan khusus Nyi Roro Kidul.

Keindahan Gua Seplawan tidak hanya ada di dalam gua, melainkan juga alam sekitarnya. Di luar gua ada sebuah bukit hijau tempat Anda dapat melihat Waduk Sermo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan lima gunung sekaligus, yaitu: Merbabu, Merapi, Slamet, Sindoro, dan Sumbing.

Terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo, letak gua ini berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.


26. Wisata Alam Lembah Sindoro Posong

Temanggung memang memiliki dua gunung cantik, Sindoro dan Sumbing. Saat Anda berada di sini, jangan lupa singgah ke tempat wisata alam Lembah Sindoro Posong. Panorama pegunungan yang menakjubkan akan menyambut Anda sepanjang perjalanan. Sesampainya di tempat wisata, Anda dapat duduk di gubuk, menikmati udara segar, mengambil foto pemandangan alam, dan melihat matahari terbit jika Anda datang saat masih gelap.

Terletak di Posong, Kledung, Temanggung, Anda sebaiknya menuju ke sana menggunakan motor karena jalannya yang cukup sempit dan menanjak.

27. Waduk Malahayu

Setelah sejak tadi membahas tempat wisata di jalur pantai selatan Jawa Tengah, saatnya membahas pariwisata di jalur pantai utara yang tak kalah indahnya. Dimulai dari Kabupaten Brebes di ujung barat Jawa Tengah, terdapat Waduk Malahayu. Bendungan seluas 944 ha ini memiliki pemandangan indah dan dikelilingi oleh perbukitan. Sepanjang jalan ke sana, pengunjung juga akan melalui hutan jati yang rimbun di wilayah Tanjung.

Waduk Malahayu terletak di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Anda dapat naik angkutan umum dari Terminal Tanjung ke Pasar Banjarharjo, dilanjutkan dengan ojek atau sewa kendaraan pribadi menuju lokasi.

28. Desa Wisata Cisereuh

Tempat wisata satu ini termasuk ke dalam wisata budaya. Di sinilah Anda dapat melihat kebudayaan masyarakat tradisional Dusun Jalawastu. Pada setiap hari Selasa Kliwon, Anda dapat menyaksikan Upacara Ngasa, yaitu upacara adat sebagai wujud syukur terhadap Tuhan atas semua rezeki yang telah diberikan kepada masyarakat setempat.

Desa Cisereuh terletak di Kecamatan Ketangguhan, Kabupaten Brebes. Anda dapat naik angkutan umum dari pusat Kabupaten Brebes menuju Kecamatan Ketangguhan, dilanjutkan dengan ojek atau sewa kendaraan menuju lokasi.


29. Situs Purbakala Semedo

Situs Purbakala Semedo adalah tempat wisata baru yang diperkirakan akan segera mendunia. Sejak ditemukan pada tahun 2003, dari situs ini telah ditemukan berbagai fosil hewan purba seperti gajah, kerbau, rusa, babi, kuda nil, dan penyu. Tentu, semuanya merupakan ‘versi’ purba, tidak sama seperti binatang tersebut yang hidup saat ini. Selain itu, dari situs ini juga ditemukan benda-benda kuno seperti beragam kapak, batu berfaset, dan batu pukul.


30. Curug Sibedil

Curug Sibedil terletak di Kabupaten Pemalang Air terjun 
Curug Sibedil setinggi 10 m ini berada di daerah yang masih asri dengan perbukitan rendah yang belum dibangun oleh manusia. Air terjun ini dinamai “sibedil” yang berarti “senapan”, karena di air terjun ini terdapat batu berbentuk seperti moncong senapan.

Air terjun ini terletak di Jalan Kyai Abdurrosyid, Karangbulu, Sima, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Dari Terminal Pemalang, Anda dapat naik angkutan kota ke Terminal Moga, kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkutan desa ke Mandiraja. Turun di SDN 5 Sima, kemudian berjalan kaki 300 m ke lokasi.


Demikian kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di jawa tengah, dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang belum admin masukan ke daftar wisata terkenal di jawa tengah.semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar dan berkunjung kembali ke website www.senibudayawisata.com


related post






kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di jawa tengah kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di jawa tengah Reviewed by Unknown on 6:25 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.