-->

kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di sumatera barat



kota-destinasi-tempat-objek-wisata-terbaik-populer-terkenal-di-sumatera-barat
kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di sumatera barat kota-destinasi-tempat-objek-wisata-terbaik-populer-terkenal-di-sumatera-barat

Tempat Wisata Sumatera BaratSumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera dengan Padang sebagai ibu kotanya.

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi wisata favorit dan terkenal di indonesia dengan tempat destinasi wisata yang indah dan menarik untuk di kunjungi para wisatawan domestik maupun para wisatawan luar negri turis asing .


Sumatera Bara memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik dengan pesona panorama indah seperti wisata bukittinggi padang dengan fasilitas wisatanya yang cukup baik, serta sering diadakannya berbagai festival dan even internasional,  salah satu even terkenal seperti lomba balap sepeda Tour de Singkarak, even paralayang Event Fly for Fun in Lake Maninjau, serta kejuaraan selancar Mentawai International Pro Surf Competition.

Sumatera Barat memiliki hampir semua jenis objek wisata alam seperti laut, pantai, danau, gunung, dan ngarai. Selain itu pariwisata Sumatera Barat juga banyak menjual budayanya yang khas, seperti Festival Tabuik, Festival Rendang, permainan kim, dan seni bertenun. Disamping wisata alam dan budaya, Sumatera Barat juga terkenal dengan wisata kulinernya.

Sumatera Barat memiliki akomodasi wisata, seperti hotel dan agen perjalanan yang cukup baik. Untuk melengkapi fasilitas penunjang pariwisata, pemerintah juga menyediakan kereta api wisata yang beroperasi pada waktu tertentu.


Bagi sobat yang akan menghabiskan masa liburan dengan wisata keluarga dan anak baik libur sekolah maupun libur hari raya , sobat bisa berkunjung ke tempat wisata terbaik populer terkenal di sumatera barat .


Berikut adalah kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di sumatera barat ;


1. Janjang Seribu

Obyek wisata di Sumatera Barat yang pertama ini terdapat di Kota Bukit tinggi. Tidak hanya jam gadang yang ada di Kota Bukit tinggi. Karena ada Janjang Seribu Great Wall ini.

Janjang Seribu ini adalah tembok besar Chinanya Sumatera Barat. Biasanya mereka yang berjalan-jalan ke Sumatera Barat akansinggah ke tempat wisata Great Wall ini. Jika datang kesini, jangan lupa pastikan bahwa staminamu dalam keadaan yang baik. Danjanganlah lupa juga bawa minuman.

Janjang Seribu ini mempunyai panjang sekitar 1 KM. Tempat wisata ini berdekatan dengan goa Jepang.Panorama disini juga sangat mengagumkan, fenomena alam berupa pengangkatan lempeng, patahan-patahan yang menjulang membentuk bukit ini merupakan fenomena geologi yang begitu luar biasa.

2. Goa Jepang

Tempat wisata di Sumatera Barat yang selanjutnya yaitu goa Jepang. Lokasi Goa atau Lubang Jepang ini bersebelahan dengan janjang seribu. Lobang Jepang ini adalah bangunan peninggalan saat penjajahan Jepang di Bukit Tinggi. Ini adalah penjara sekaligus markas pertahanan penjajah Jepang yang didirikan pada tahun 1942-1945. Ketika Jepang menjajah bangsa Indonesia, pembangunan Lubang Jepang dilakukan lewat cara Romusa atau kerja paksa.

Lubang Jepang memliki luas sekitar 2 hektar, didalamnya kamu akan dituntun dengan menuruni tangga yang sudah dibangun. Lorong – lorong yang ada didalamnya memberikan tempat – tempat sesuai dengan keperluan masing – masing.

3. Jam Gadang

Setelah itu, kamu dapat pergi ke Jam Gadang untuk menikmati liburan di Kota Bukit Tinggi. Jam Gadang adalah salah satu ikon wisata di Sumatera Barat yang harus kamu kunjungi.

Jam yang mempunyai nilai histori tinggi ini telah ada sejak jaman penjajahan Belanda dulu. Jam Gadang sendiri mempunyai luas 13 x 4 meter serta tinggi 26 meter yang terdiri atas beberapa tingkat. Bagian paling atas dari jam gadang adalah tempat penyimpanan bandul jam yang pada tahun 2007 silam pernah patah karena gempa besar yang melanda Sumatera Barat termasuk juga Bukit tinggi.

Uniknya, dari jam ini yaitu angkanya. Apabila angka empat romawi umumnya ditulis dengan simbol IV, tapipada jam gadang angka IV ditulis dengan IIII, dan ini bukan hal yang lazim.
Di sekitar jam Gadang, kamu dapat menemukan Pasar Bukit Tinggi yang begitu terkenal dengan harga barangnya yang murah meriah, apalagi bila kamupandai menawar serta membelinya dalam jumlah banyak.

4. Pantai Padang

Saat ini pemerintah Kota Padang tengah menggencarkan pemugaran pantai Padang. Pantai Padang menjadi destinasi wisata di Sumatera Barat yang harus dikunjungi.
Untuk menjangkau Pantai Padang cukup mudah, kamu pergi ke pusat Kota. Orang Padang menyebut Pantai Padang dengan sebutan TAPLAU (TAPI LAUIK). Panorama disini begitu indah sekali. Ombaknya juga cukup menantang bila kamu hobi berselancar. Beragam cemilan dapat dinikmati disini, seperti jagung bakar, masakan laut, udang kepiting, bermacam minuman dan lain sebagainya.

5. Pantai Gandoriah

Pantai Gondoriah adalah salah satu pantai yang populer dengan tradisi tabuiknya yang dilakukan setiap bulan Muharram. Pantai Gondoriah initerdapat di Pariaman. Kamudapat menuju pantai ini dengan memakai kereta api dari Kota Padang, dengan harga tiket 3500 saja.

Di sekitaran pantai ini banyak pedagang makanan berjualan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Daya tarik lain dari Pantai Gandoriah ini yaitu kamu dapat leluasa menikmati garis pantainya, baik dengan memakai kendaraan roda dua, roda empat, maupun berjalan kaki.

Hal itu didukung lengkapnya fasilitas di sekitaran Pantai Gandoriah, termasuk sarana jalan yang menghubungkan antara Pantai Gandoriah dengan beberapa objek wisata pantai yang ada di sekelilingnya, seperti Pantai Cermin, Pantai Kata dan yang lain.

Tak kalah indahnya saat matahari terbenam serta temaram senja menjemput malam, seolah menyulap panorama di sekitaran Pantai Gandoriah makin menawan.

6. Kepulauan Mentawai

Destinasi wisata di Sumatera Barat yang telah Go Internasional yaitu kepulauan mentawai. Ada banyak resort disini. Kabupaten Mentawai mempunyai pesona yang begitu mengagumkan. Pantainya menjadi salah satu surga untuk para pecinta selancar.

Kepulauan Mentawai inimencakup 4 pulau besar yaitu Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara, serta Pulau Pagai Selatan. Siberut merupakan pulau paling besar, dan satu-satunya Pulau yang mempunyai layanan pelayaran reguler yang menghubungkan Siberut dengan Pulau Sumatera terutama Padang. Sebagai suatu pulau terbesar, pusat kota serta administrasi mentawai juga terdapat di Pulau ini, tepatnya di kota Tuapejat yang letaknya ada di Sebelah Utara.

Tercatat kurang lebih ada 400 titik surfing di kepulauan Mentawai, mulai dari ombak yang sedang hingga ombak yang paling menantang yang di cari peselancar dunia.

Desa bosua merupakan salah satu diantara tujuan para peselancar yang populer di dunia dengan ombak yang mencapai 3 meter. Namun hati-hati dengan pantainya yang agak berkarang.

Mentawai juga menawarkan objek wisata trekking ke hutan pedalaman tropis yang masih sangat asri dan alami dengan beragam satwanya yang hidup di dalamnya.

Sementara penduduk setempat yang dikenal dengan masyarakat Mentawai masih tradisional serta memegang teguh tradisi mereka. Desa-desa budaya yang masihlah menjaga adat serta budayanya yang asli antara lain Desa Madobak, Desa Ugai, serta Desa Matotonan.

Untuk menuju Kepulauan mentawai dapat diakses dengan memakai kapal motor yang melayani penyebrangan dari Padang ke Mentawai. Atau bila mempunyai biaya lebih bisa dengan menyewa pesawat kecil yaitu Tiger Air atau SMAC ke Tuapejat di Pulau Sipora dari Bandara Internasional Minangkabau.

7. Puncak Langkisau

Beranjak ke Pesisir Selatan, ada satu tempat wisata di Painan yang populer dengan pantainya yang menakjubkan. Nah, kamu dapat menikmati keindahan alam Pesisir Selatan dari atas ketinggi bukit Langkisau.

Bukit Langkisau menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yg tidak boleh kamu lewatkan.Disini kamu dapat menikmati fasilitas seperti paralayang serta flying fox. Bila sore hari, kamu dapat menikmati keindahan laut yang menguning karena matahari terbenam.

8. Pantai Carocok Painan

Di samping puncak langkisau, terdapat pantai carocok yangmenjadi destinasi wisata di Sumatera Barat yang tidak boleh kamu lewatkan. Pantai Carocok mempunyai keindahan yang begitu mengagumkan.

Disini, kamu dapat menikmati bermacam permainan yang menantang seperti jetski, bananan boat, ekstrim game, flying fox dan lain sebagainya. Pantai Carocok Painan adalah objek Wisata Pantai Kabupaten Pesisir Selatan yang terdapat di kecamatan IV Jurai.

Untuk mencapai Pantai Carocok dari Kota Padang, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam berkendara. Lokasi ini berhadapan dengan 2 buah pulau yaitu Pulau Kereta serta Pulau Cingkuak, dari kejauhan juga terlihat Pulau Semangki dengan panorama yang begitu indah dengan pasir pantainya yang putih, dan airnya yang bersih.

9. Puncak Lawang Maninjau

Puncak Lawang adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Maninjau. Sekitar 20 menit perjalanan dari Kota Bukittinggi menuju Matur sebelum Danau Maninjau.

Dari sini, kamu akan melihat panorama danau dikelilingi perbukitan yang begitu indah serta menakjubkan. Disini kamu bisa mencoba berolahraga paralayang yang menantang, menuruni bukit serta berkeliling diatas danau maninjau, ada jugasarana untuk outbond.

10. Danau Maninjau

Nah, dari puncak lawang tadi kita dapat melihat keindahan danau maninjau yang danaunya begitu jernih sambil menikmati kuliner yang lezat. Ada cemilan khas maninjau yang dapat kamu coba, yaitu rinuak.

Danau Maninjau merupakan sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, dan 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.

Maninjau yang merupakan danau vulkanik ini ada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km² serta mempunyai kedalaman maksimum 495 meter.

Cekungannya terbentuk lantaran letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini tampak dari bentuk bukit sekitar danau yang mirip seperti dinding. Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berhubungan erat dengan cerita Bujang Sembilan.

Bila melihat keindahan danau maninjau ini di atas bukit atau di jalan kelok 44, ketika sore hari saat cuaca tidak terlalu mendung, kita akan menyaksikan danau maninjau airnya seperti naik ke langit melalui celah cahaya yang tembus.


11. Lembah Anai

Air terjun lembah anai adalah salah satu obyek wisata di Sumatera Barat yang begitu populer. Objek wisata ini selalu ramai terlebih saat akhir pekan.Tempatnya yang ada di pinggir jalan lintas Padang-Padang Panjang (Bukit Tinggi) menjadikan objek wisata ini sangat mudah sekali untuk dijangkau.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini mempunyai debit yang besar, airnya yang jernih dan dingin membuat udara disekitarnya juga dingin.

12. Istana Pagaruyung

Sumatera Barat begitu terkenal dengan warganya yang masih melindungi serta menjunjung tinggi nilai-nilai budayanya. Salah satu peninggalan budaya masyarakat minangkabau yaitu Istana Pagaruyung, atau Istano Basa. Yang letaknya di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini adalah obyek wisata budaya yang populer di Sumatera Barat.

Istana ini mempunyai nilai histori yang sangat kental sekali, dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang memiliki ciri khas Minangkabau. Di dalam istana ada beberapa barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kita bisa menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk.

Pagaruyung merupakan kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan. Saat ini rumah gadang yang ada disana adalah tiruan dari Istana yang aslinya dengan lukisan di dinding luar serta atap yang menjulang berbentuk tanduk kerbau.

13. Danau Singkarak

Danau singkarak yang terbentang luas, serta menjadi danau terluas kedua sesudah danau toba. Luas danau ini sekitar 107,8 km². Danau ini mempunyai sejuta potensi yang dapat dikembangkan, salah satunyayaitu pembangkit listrik. Di danau ini juga ada satu pagelaran internasional yang diselenggarakan satu kali dalam dua tahun, yaitu tour de singkarak. Pesepeda dari berbagai negara akan turut serta dalam festival internasional ini.

14. Lembah Harau

Ternyata Sumatera Barat juga mempunyai Green Canyon yang indah. Lembah Harau namanya. Lokasinya dekat dengan kota Payakumbuh, dan lembah ini diapit oleh dua bukit cadas yang terjal dengan ketinggian kurang lebih 150 meter. Bentuk topografi dari Lembah Harau berbukit serta bergelombang, di sekitaran Lembah Harau jugamasih memiliki udara yang bersih serta pengunjung bisa lihat keindahan alam.

Di sekitar Lembah Harau ada tebing granit yang terjal dan tingginya sekitar 80 – 300 meter. Pada lokasi wisata Lembah Harau terbagi jadi dua tempat yakni Sarasah Bunta yang terdapat 5 air terjun dan kolam penampung air terjun serta tempat wisata yang lain yaitu akar berayun dan kolam untuk berenang dengan keluarga, serta ada tempat untuk tempat berkemah.

Lembah Harau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan hingga dijadikan sebagai rute baru dalam lomba sepeda Tour de Singkarak.

15. Danau Kembar

Disebut Kawasan Danau Kembar, lantaran dua danau, yakni Danau Diatas serta Danau Dibawah terdapat berdampingan yang jaraknya hanya kurang lebih 300 meter. Lokasi ini lebih dulu dikenal sebagai tempat wisata karena terdapat di tepi jalan raya Padang-Muaralabuh-Kerinci.

Pengunjungdapat melihat luasnya Danau Diatas dengan bukit-bukit kecil yang disebut bagian Bukit Barisan yang mengelilinginya.

Tampak juga keramba ikan milik masyarakat. Sedangkan Danau Dibawah dikelilingi beberapa bukit yang besar. Tidak seperti di Danau Diatas, kita tak bisa menyentuhkan tangan atau kaki ke dalam air, dan hanya bisa melihat pemandangannya yang indah.

16. Pantai Aie Manih

Siapa yang tidak kenal dengan legenda malin kundang? Legenda ini sangat dikenal masyarakat lantaran anak durhaka yang dikutuk menjadi batu. Nah, konon legenda itu terjadi di Padang Selatan, di Pantai Air manis atau pantai aie manih.

Pantai Aie Manih terkenal dengan pantainya yang luas serta landai, saat pasang surut, wisatawan bisa menjangkau Pulau Pisang Ketek (kecil) yang letaknya kurang lebih 200 meter didepan dengan berjalan kaki ketikapasang surut.

17. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak belakangan ini terkenal karena keindahan pantainya yang begitu menakjubkan. Pantai yang berlokasi di Pesisir Selarang ini sering disebut The Paradise of The South dengan luas 705 Ha dan dikenal dengan nama Pincuran Talu.

Pulau ini terdapat di Kecamatan Koto XI Tarusan yang berada di sebelah barat kampung Mandeh. Pulau Cubadak mempunyai pemandangan alam yang begitu indah dengan pasirnya yang putih bersih.

Kelebihan lain Pulau Cubadak yaitu di sekelilingnya terdapat beberapa teluk, batu serta tanjung. Di pulau ini ada penginapan yang terbuat dari kayu, rotan, serta atapnya dari Daun Rumbia yang sudah dikelola dengan cara professional sebagai obyek wisata bertaraf internasional oleh investor Itali.

Banyak aktivitas yang dapat dikerjakan di Pulau Cubadak seperti snorkeling, main canoe, berlayar atau hiking. Untuk yang hobi diving juga ada paket pengenalan diving selama sekitar 2 jam dimana pengunjungakan diajarkan langkah diving dengan singkat serta menyelam hingga kedalaman 5 meter. Juga ada kapal canoe untuk tamu yang ingin berkeliling menikmati hamparan laut biru Pulau Cubadak yang tenang.


18. Pulau Sikuai

Pulau ini berada di kepulauan mentawai. Lokasi pulau ini mempunyai luas sekitaran 40 Ha saja. Pantai di pulau Sikuai mempunyai ombak yang relatif kecil hingga untuk kamu yang mau berenang atau snorkeling sangat nyaman. Keindahan bawah lautnya sangat menakjubkan, berupa terumbu karang serta ikan-ikan hias yang bermacam-macam ragamnya dapat kamu jumpai saat menjelajahi bawah laut Pantai Sikuai.

Keindahan panorama sunset akan tampak indah apabila dilihat dari puncak pulau. Untuk menjangkau puncak pulau, pengunjungharus melalui anak tangga selama 30-45 menit.

19. Tirta Alami

Pemandian alam ini sangatlah populer, lantaran tempatnya yang begitu indah, airnya yang jernih serta bersih.Tempat wisata Tirta Alami ini ada di Kandang Ampek, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Padang Pariaman. Lokasi ini juga lebih dikenal dengan Anai Resort. Tempatnya terdapat di jalur lalu lintas Padang-Bukittinggi.

Kolam pemandian di Tirta Alami ini sesuai sama namanya, ‘Alami’. Kolam-kolamnya juga terbuat dari batu alam, disamping itu airnya berasal dari mata air di Gunung Tandikek. Segar, dingin, serta yang pasti airnya bersih karena selalu mengalir.

20. Air Terjun Nyarai

Selain tirta alami, ada juga pemandian tirta nyarai yang ada di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Air Terjun yang dulunya tersembunyi di Hutan Gamaran ini sekarangmenjadi salah satu primadona wisata di Sumatera Barat. Bahkan juga nama Gamaran telah tersohor sampai ke skala nasional.

21. Air Terjun Timbulun

Air Terjun Timbulun ini berada di sebelah timur Kota Painan. Tepatnya di Kampung Painan Timur, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

Air terjun ini cukup menarik untuk dikunjungi, lantaran air terjun timbulun ini mempunyai 7 tingkatan. Masing-masing tingkatan memerlukan kesabaran serta perjuangan untuk kamu mencapainya. Untuk beberapa pengunjung biasanya mencukupkan diri untuk sampai pada titik tingkatan kedua. Sebab, dari titik kedua ini sampai titik selanjutnya, medan yang ditempuh akan makin berat. Butuh perlengkapan mencukupi untuk ke tingkatan terakhir.

22. Pantai Carolinapantai-caroline-padang

Pantai Caroline Padang atau Pantai Teluk Bungus menjadi bukti lain bahwa keindahan alam di Sumatera Barat tak perlu di ragukan lagi. Pantai ini dulunya jarang di kunjungi dan memang dikenal sebagai sebuah pantai pribadi karena sepi oleh pengunjung. Namun saat ini Pantai Caroline telah berubah menjadi destinasi wisata sumbar khususnya padang yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Para pengunjung yang datang ke tempat ini bisa menyaksikan keunikannya. Pantai Caroline ini dikenal mempunyai garis pantai yang cukup unik yakni berbentuk seperti huruf W atau gambar hati. Kalau Anda membawa drone ke pantai ini, maka bentuk pantai seperti hati pun bakal bisa nampak jelas dari udara.

23. Lubuak Rantiang

Baru-baru ini ada sebuah spot baru untuk berwisata di seputaran koto tangah, yaitu Sungai Bangek. Sungai bangek mungkin sudah banyak di ketahui oleh seluruh warga Kota Padang. Namun yang kami maksud namanya Lubuak Rantiang.

Lokasinya tidak begitu jauh dari pemandian Sungai Bangek. Kira-kira sekitar 1 jam perjalanan, itu di karenakan medan yang akan di tempuh masih sedikit sulit. Karena belum ada akses yang bagus dan belum populer yang tau tentang tempat ini.

24. Jembatan Siti Nurbayajembatan-siti-nurbaya

Salah satu ikon wisata di Kota Padang Sumatera Barat adalah Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini merupakan jembatan besar yang berdiri di atas Sungai Batang Arau. Panjang jembatan kurang lebih 100 meter dengan panjang total dari ujung ke ujung sepanjang 600 meter. Jembatan ini juga menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya, tempat Siti Nurbaya dimakamkan.

25. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak terkenal dengan kecantikan alamnya membuat para pengunjung pantai ini sangat bahagia bisa menikmati keindahan yang tersaji oleh alam. Pantai Pasir Jambak ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang menjadi primadona tersendiri bagi para pecinta keindahan pantai. Pantai ini hanya berjarak 17 km dari pusat kota Padang. Sehingga perjalanan dari kota yang tidak terlalu jauh dan cukup singkat untuk dapat menikmati keindahan laut pantai Pasir Jambak tersebut.


26. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana merupakan tujuan yang tepat saat berkunjung ke Padan. Pantai Nirwana terletak di Pantai Barat Sumatera yang hanya berjarak sekitar 14 km dari Kota Padang. Pantai yang cantik ini lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur yang sudah terkenal akan keindahannya sejak zaman kolonial Belanda menjajah negeri kita.

Dari Pantai Nirwana pengunjung bisa menyaksikan kapal-kapal berlabuh maupun berlayar, baik kapal penumpang atau kapal dagang. Saat senja dan menjelang malam, keindahan Pantai Nirwana tidak kalah menampilkan mempesonanya. Lampu-lampu kalap – kelip dan semua lampu yang menyala di pelabuhan Teluk Bayur terlihat sangat indah, mempesona dan membuat suasana di kawasan pantai menjadi sangat romantis.


27. Museum Adityawarman


Museum Adityawarman mulai dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. Museum Adityawarman inilayak disebut sebagai ‘Taman Mini’ ala Sumatera Barat. Museum Adityawarman merupakan museum budaya terpenting di Sumatera Barat.

Museum Adityawarman tersebut berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melestarikan benda bersejarah seperti cagar budaya. Museum Adityawarman ini terdapat seluk beluk kebudayaan khas Minang, mulai dari pakaian adat hingga alat-alat musik tradisional. Terletak di pusat Kota Padang,

28. Miniatur Makkah

Kawasan mesjid ini biasanya berfungsi sebagai kawasan Manasik haji. Namun masyarakat dan pemerintahan sekitar juga menjadikan masjid ini sebagai destinasi wisata religi di kota padang. Di kawasan mesjid ini terdapat beberapa bangunan yang unik seperti mesjid yang di dalamnya ada miniatur ka’bah. Tak jarang orang-orang menyebutnya mekkah mini. Untuk masuk kekawasan mesjid ini cukup membayar 5000/orang

29.Kawasan Bukit Langkisau


Kawasan Bukit LangkisauMagnet dari obyek wisata yang satu ini adalah lokasinya yang tinggi memungkinkan anda untuk melihat laut lepas. Bukit Langkisau juga digunakan sebagai tempat olahraga terbang layang dengan pendaratan di Pantai Salido atau Pantai Carocok.

Bukit yang mempunyai tinggi 1000 kaki ini terletak di pertengahan Desa Salido dan Kota Painan (Pesisir Selatan) . Jika kita sudah ada dibukit ini kita bisa menikmati seluruh pemandangan yang berada di daerah ini yang akan membuat anda semakin tertarik untuk selalu mengunjungi tempat wisata kawasan buit langkisau ini.

30.Rumah Peristirahatan Balai Campago


Rumah Peristirahatan Balai CampagoLokasi Balai Campago ada di bukit, jadi tak heran kalau mempunyai hawa sejuk. Dari pusat Kota Bukittinggi jaraknya kurang lebih 4 km. Mencapai tempat wisata bisa menggunakan angkutan darat dengan waktu 1 jam 45 menit dari Padang dan 10 menit dari pusat Kota Bukittinggi. Luas lahan Balai Campago yaitu 8.038m2 dengan bangunan seluas 3.054 m2.

Balai Campago mempunyai 2 bangunan VIP dan sebuah bangunan utama yang mempunyai 17 kamar standar dan 3 kamar superior lengkap dengan perabotannya. Fasilitas yang ada di sini antara lain adalah jogging track, lapangan tenis, ruang serbaguna, coffee shop, mushala, menara. Pemandangan alam indah Kota Bukittinggi tampak dengan sangat jelas, seperti pegunungan dan rumah adat di bawah Campago. Alamat : Desa Campago, Cuguak Bulek, Mandiangin Koto.

31.Desa Pariangan


Desa ParianganIni merupakan desa tertua yang ada di Minangkabau. Kita dapat melihat bentuk desa adat yang asli sebagai cermin kehidupan sosial Minangkabau seperti Balairung, masjid, lumbung padi, dan rumah adat.

Di lokasi ini pula terdapat batu basurek (peninggalan sejarah), pemandian air panas, dan sebuah kuburan panjang yang konon adalah kuburannya Dt. Tantejo Gurhano (arsitek rumah adat Minangkabau). Alamat : Lereng Merapi, pinggir Jalan Raya Padang Panjang-Batusangkar.


32. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan


Taman Margasatwa dan Budaya KinantanLokasi wisata ini adalah salah satu kebun binatang yang umurnya sudah tua. Dan merupakan kebun binatang satu-satunya yang berada di Kota Sumatera Barat dengan koleksi beraneka macam satwa yang paling lengkap di Pulau Sumatera. Pembangunan taman margasatwa ini awalnya dilakukan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1900-an.


Di kebun binatang atau taman margasatwa ini anak-anak pasti akan mendapatkan pengalaman yang takkan pernah mereka lupakan, mereka dapat melihat satwa yang mungkin sebelumnya belum pernah dilihat. Selain itu, di lokasi wisata yang satu ini ada beberapa museum yang tidak boleh anda lewatkan, diantaranya adalah museum zoologi dan aquarium dengan bentuk bangunan seperti ikan.

33.Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu


Rumah Adat Baanjuang Puti BungsuObyek wisata yang satu ini berupa museum etnografi dengan bentuk yang unik yaitu rumah gadang. Lokasinya ada dalam kawasan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Ketika memasuki museumnya, anda dapat melihat beragam koleksi museum yang terdiri dari benda sejarah dan budaya ranah minang.

Sebagai contoh antara lain perlengkapan pertanian, pakaian adat, tembikar, pelaminan minangkabau sampai dengan mata uang kuno. Yang menarik adalah anda dapat mengambil foto ketika berada di pelaminan lengkap dengan pakaian adat minangkabau. Nah, kalau kita melihat dari taman margasatwa, akan tampak sebuah jembatan yang menghubungkan lokasi ini dengan Benteng Fort de Cock yang ada di seberangnya.

34.Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de KockBenteng Fort de Cock adalah sebuah benteng Belanda. Dahulu, benteng ini dipakai oleh tentara Belanda sebagai benteng pertahanan ketika menghadapi perlawanan rakyat minangkabau.

Terutama setelah perang paderi terjadi yaitu pada 1821-1837. Sekarang, bangunan benteng ini masih sama seperti sebelumnya. Benteng dengan ukuran sedang, tidak terlampau besar, dengan tinggi 20 meter, memiliki cat putih dan hijau, dan pada keempat sudutnya terdapat meriam dan banyak para wisatawan yang datang berkunjung untuk melihat benteng bersejarah ini yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

35 Janjang Ampek Puluah

Janjang Ampek PuluahJanjang Ampek Puluah kalau dalam bahasa Indonesia berarti tangga yang berjumah 40. Memang benar, lokasi yang satu ini berupa tangga yang jumlahnya ada 40. Fungsinya adalah untuk menghubungkan antara pasar bawah serta pasar atas.

Janjang ampek puluah ini juga tidak pernah sepi dari pengunjung untuk datang dan berbelanja anekaragam kebutuhan yang ada di tempat ini, karena janjang ampek puluah ini juga memiliki tempat yang unik sehingga banyak juga para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini..

Itulah beberapa kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di sumatera barat yang wajib kamu kunjungi ketika datang kesana., semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar dan berkunjung kembali ke website www.senibudayawisata.com


related post






kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di sumatera barat kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di sumatera barat Reviewed by Unknown on 2:27 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.