-->

kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di sulawesi barat



kota-destinasi-tempat-objek-wisata-terbaik-populer-terkenal-di-sulawesi-barat
kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di sulawesi barat

Tempat Wisata Sulawesi BaratSulawesi Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki Mamuju  sebagai Ibu Kota Propinsi Sulawesi Barat. dengan penghasil kakao.

Dimana di Mamaju sulawesi barat banyak sekali objek wisata dengan pesona alam yang indah dan menarik sekaligus memiliki banyak sekali flora dan fauna didalamnya.

Oleh sebab itulah sulawesi barat termasuk kedalam kota yang memiliki potensi wisata yang berkembang dan salah satu aset negara indonesia sebagai kota destinasi wisata Sulawesi Barat .

Keindahan alam di Sulawesi Barat sangat beragam mulai dari Pantai, Perbukitan, Wisata Kuliner, Kepulauan hingga daya tarik acara adat kebudayaan sehingga Sulawesi Barat menjadi jembatan dalam hal perekonomian.

Sektor pariwisata juga semakin berkembang dengan pesat, pengelolaan tempat-tempat wisata yang ada di sana turut menjadi sumber pemasukan daerah.

Potensi obyek wisata di Sulawesi Barat yang paling besar yakni potensi wisata alamnya yang sangat eksotik, terutama yang paling menonjol pantai-pantainya yang berpasir putih dengan ombak yang bersahabat sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama disana.

Berikut kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di sulawesi barat yang bisa sobat kunjungi jika berkunjung ke sana;

1. Pantai Manakarra

Pantai Manakarra terletak di Kota Mamuju, Sulawesi Barat. Pantai ini menyajikan pemandangan pantai yang berkilau dan hilir mudik perahu para nelayan. Pantai ini juga berfungsi sebagai sentra perhubungan ( Pelabuhan Batu ) di Kota Mamuju.

Pantai Manakarra merupakan tempat wisata yang selalu dipadati pengunjung setiap harinya. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai melepas lelah sambil menikmati pemandangan pantai.

Saat sore dan malam hari kebanyakan yang datang adalah pemuda pemudi yang berkumpul bersama teman-temannya. Banyaknya penjual camilan dan juga kios memudahkan pengunjung jika membutuhkan sesuatu saat berada di pantai ini.

Pada malam tiba Pantai Manakarra akan di hiasi oleh lampu berwarna merah dari kapal feri yang akan berlabuh maupun berangkat.

Di sepanjang pesisir akan mudah dijumpai beragam kios yang menjual berbagai dagangannya, jadi segala yang Kalian butuhkan cukup mudah didapat. Tepatnya pada bulan Agustus dan September ialah masa panen buah durian dan jeruk khas Kota Mamuju yang bisa dibawa untuk oleh-oleh.

Akses menuju Pantai Manakarra bisa menggunakan via angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Perjalanan bisa di mulai dari Bandara Tampa Padang menuju kelokasi hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

2. Pantai Palippis

Pantai Palippis berada di Desa Bala, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Paronama yang di berikan pantai ini sangat indah dengan pemandangan laut lepas sebagai ikonnya. Dikawasan pantai dapat dilihat Gua Kelelawar dan hamparan tebing batu karang. Keberadaan Goa Kelelawar berada di atas bukit yang tidak jauh dari bibir pantai.

Nah, batu karang ini memiliki ketinggian mencapai 30-80 meter, yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjung yaitu bisa di jadikan media panjat tebing yang seru. Batu tebing bernama Lawung ini berbentuk curam yang menghadap ke laut lepas sehingga menyerupai Ngarai. Pantai Palippis membentang sejauh 3 km di sebelah barat Pulau Sulawesi, Indonesia.

Rute perjalanan bisa di awali dari Bandara Tampa Padang menuju ke Polewali dengan kendaraan umum maupun pribadi. Setelah sanpai di Polewali, perjalanan bisa di lanjutkan dengan menggunakan angkuta ke pantai dalam waktu -+30 menit.

3.  Pantai Dato

Pantai Dato merupakan obyek wisata pantai tropis di kawasan Sulawesi Barat dan menjadi tempat wisata andalan di Dusun Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene.

Pantai yang satu ini memiliki keunikan dan keistimeaan yakni paronama pantai tropis yang sangat indah dan pantai ini juga masih tergolong alami serta terjaga dengan baik.

Pantai Dato merupakan tempat wisata keluarga yang ramai dikunjungi di saat akhir pekan maupun hari libur. Pantai Dato terbagi dari 2 bagian yaitu mempunyai pantai yang beralaskan karang dan pantai berpasir putih.

Di lokasi pantai yang beralaskan karang ini terdapat batu karang raksasa yang terhubung dengan tangga dimana jalan untuk naik ke atas dan bisa menikmati pemandangan yang menajubkan.

Puncak karang raksasa ini berketinggian 20 meter,dari puncaknya melihat kebawah sampai menembus permukaan air laut yang sangat jernih beserta ikan-ikan kecil yang bermain asik di dalamnya. Menikmati sunset di puncak karang adalah suatu moment yang sayang untuk di lewatkan, karena di tempat inilah keindahan sang surya tenggelam akan tampak jelas.

Untuk berkunjung ke pantai ini bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi, -+15 menit dari Kota Majene. Kondisi jalan sudah mulus, melewati hutan kecil serta rumah dan kebun penduduk tak luput dari itu Kita akan melihat indahnya bunga berwarna-warni di sepanjang perjalanan. Sesampainnya ditempat parkian, utuk menuju pantai harus menuruni tebing setinggi 30 meter melalui anak tangga yang sudah diseiakan.


4. Pantai Lombang-Lombang

Letak Pantai Lombang-Lombang berada di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, berjarak 30 km dari Kota Mamuju. Di kawasan pantai para wisatawan bisa leluasa bermain di hamparan pasir hitam nan halus yang panjangnya 5 km dengan lebarnya sekitar 50 km. Ombak di pantai ini lumayan kecil sehingga cocok di gunakan sebagai aktivitas olahraga air.

Obyek wisata ini cukup digemari oleh masyarakat setempat, saat di lokasi pantai selalu ramai di kunjungi wisatawan lokal yang didukung kebersihan pantai masih terjaga dan alami. Jika beruntung biasanya pada saat weekend ataupun hari liburan pengelola pantai mengadakan event-event pertunjukan music maupun pentas seni dengan geratis.

Menuju lokasi bisa dari Bandara Mamuju, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit.


5. Pantai Mampie

Obyek wisata Pantai Mampie berlokasi di Dusun Mampie, Desa Galeso, Kecamata Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, yakni merupakan pantai yang bersih sejuk dengan pemandangan yang indah. Didalam lokasi pantai terdapat fasilitas puluhan gazebo di antara pohon kelapa yang rindang untuk dijadikan tempat istirahat, dan dapat Anda pakai setelah menyewanya dari pihak pengelola.

Dipantai ini juga menyediakan berbagai fasilitas wisata seperti banana boat, wahana bebek dan perahu dengan cara menyewanya dapat menikmatinya.

Tingkat kunjungan di Pantai Mampie mencapai puncaknya saat hari libur, akhir pekan dan setelah perayaan hari Raya Idul Firi. Pengunjung akan ramai pada moment-moment tersebut hanya untuk berwisata menikmati suasana pantai dan berbagai fasilitas yang disediakan. Pantai Mampie membujur sepanjang 3 km dan tepat meghadap selat Makassar.

Obyek wisata ini dapat di akses sekitar 9 km dari jalan raya Trans Sulawesi, melalui Tumpiling di tempuh selama 20 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Selama perjalanan Anda akan di suguhi pemandangan tambak dan persawahan penduduk yang indah.




6. Pantai Labuang

Pantai Labuang yaitu salah satu obyek wisata alam kepulauan Selayar yang berada di Desa Bogaiya, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Selayar, Sulawesi Barat. Tempat obyek wisata pantai Labuang berjarak sekitar 35 km dari Kota Benteng, pantai yang memiliki pesona batu karang degan ukuran besar dan memiliki pasir putih yang eksotik.

Batu karang berukuran besar ini memanjang dari barat ke timur dengan berbagai bentuk dan terlihat alami.

Batu karang ini adalah hasil bentukan alam yang terjadi selama ratusan tahun sehingga menjadikan susunan batu yang abstrak. Ada beberapa batuan yang membuat cekungan yang cukup dalam, satu-satunya cara untuk menyusuriya pengunjung harus rela basah.

Fenomea senja di Pantai Labuang sangat indah karenanya di pantai ini sangat tepat untuk memburu sunset. Keindahan sunset dipadu dengan batuan dan tebing karang membuat ikon tersebut sangat menarik untuk diabadikan. Sensasi pemotretan senja kuning hingga orange yang turun dapat Anda temukan dan sangat mudah dijumpai.

7. Pantai Gonda

Pantai Gonda merupakan surganya pecinta wisata air, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan dipantai ini misalnya snokerling, menyusuri hutan bakau, dan melihat terumbu karng yang cantik bertemu dengan ikan kecil beragam warna  serta ubur-ubur. Keberadaan Pantai Goda ada di Dusun Gonda, Desa Laliko, Kecamatan Campalagian.

Kegiatan yang paling seru di Pantai Gonda ini adalah snkerling, yang merupakan suatu keunggulannya adalah wisatawan bisa melihat indahnya terumbu karang dari dekat tampa harus menyelam jauh ke dasar laut.

Bila pengunjung masih dalam tahap pemula dan ingin belajar berenang maka kawasan pantai ini bisa jadi tempat yang paling bagus.

Di dalam kedalaman 2-3 meter sudah ditemui jenis terumbu karang yang bervariasi mulai dari karang berbentuk meja, ranting pohon, hingga ada karang yang berbentuk menyerupai otak. Untuk menuju ke lokasi Pantai Gonda cukuplah mudah, ketika masuk di Desa Laliko dapat ditemukan tanda masuk ke kawasan Pantai Gonda.

8. Pantai Batu Raja

Pantai Batu Raja adalah salah satu dari sekian banyak pesona alam yang ada di Sulawesi Barat. Pantai ini terletak di Desa Bukit Samang, Kecamatan Sendana. Pantai Batu Raja berada di Desa Bukit Samang, Kecamatan Sendana. Sangat mudah menemukan Pantai Batu Raja Apoang ini.

Perjalanan menuju Majene, kabupaten di Sulawesi Barat, melalui Mamuju, biasanya akan melewati jalan raya di tepian Pantai Batu Raja Apoang.

Kab Majene memiliki kontur geografis yang unik, lokasinya yang berada di bagian barat provinsi Sulawesi Barat membuat satu sisinya dibatasi sepenuhnya oleh laut, Kab. Majene punya segala alasan untuk menjadi destinasi wisata pantai yang memukau. Pantai dan laut merupakan hal yang menyenangkan jika dilihat di Majene. (Baca : Tempat Wisata di Sumatera Utara)

9.Pantai Rangas

Sepertinya kalau berbicara soal Mamuju, tak lepas dari wisata pantainya yang beragam. Kalau yang satu ini adalah pantai dengan background perbukitan yang lokasinya tidak jauh dari Pula Karampuang.

Pantai Rangas merupakan salah satu objek wisata Mamuju yang patut dijaga dan dikembangkan, keindahan pantainya dengan barisan pohon kelapa dan hamparan rumput di dekat garis pantai seakan mengundang kesejukan. Anda dapat mengunjungi pantai rangas untuk sekedar bersantai atau mencari ketenangan saat fikiran sedang galau.

Nah kalau yang ini adalah salah satu dari sekian banyak wisata kuliner yang ada di Sulawesi Barat. Loka Anjoroi merupakan makanan khas Mandhar, Sulawesi Barat yang biasanya dihidangkan pada saat acara keluarga. Bahan utama loka anjoroi terbuat dari pisang yang diolah dengan dengan parutan kelapa.


10. Pulau Karampuang

Pulau Karampuang ini memiliki luas 6 km persegi dengan keindahan bawah laut berupa terumbu karang dan biota laut yang menajubkan.

Selain itu di daerah pulau terdapat sebuah dermaga kayu sepanjang 500 meter yang di bangun dari garis pantai yang menjorok ke laut. Adapun sumur 3 rasa yang dikenal denga nama Sumur Jodoh, sumur ini berada di bagian selatan Pulau Karampuang.

Pulau Karampuang menyimpan kekayaan biota laut yang sangat indah. Terdapat dermaga kayu yang dibangun dari tepi pantai menjorok ke laut sepanjang 500 meter.

Di pulau ini terdapat sumur tiga rasa yang lebih dikenal dengan nama sumur jodoh. Di sini juga terdapat Goa Lidah dengan mulut goa yang kecil namun di dalam goa cukup luas dengan dinding yang kokoh. Para pecinta snorkling wajib datang ke sini untuk menikmati pemandangan bawah lautnya yang mempesona.


11. Pulau Gusung Toraja

Pulau Gusug Toraja atau populernya dengan nama Pulau Pair Putih ini terletak di antara jejeran beberapa pulau di kawasan Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman. Pulau Gusung Toraja mempunyai keindahan dan pesona alam yang menarik untuk di kunjungi berupa pasir putih, terumbu karang, dan pemandangan sunsetnya yang memukau yang didukung fasilitasnya yang cukup lengkap.

Pantai tersebut memiliki struktur pasir putih yang bersih dan indah yang merupakan terbaik dikawasannya. Dari terumbu karang ada beberapa titik yang dapat dikunjungi dengan pesonanya yang bisa di bilang indah. Di Pulau Karampuang pegunjung juga bisa melihat pemandangan matahari terbit maupun matahari terbenam adalah moment terbaik yang layak untuk dinantikan.

Sudah ada sebuah bagunan dan beberapa gazebo yang dibangun oleh pemerintah setempat, hanya saja untuk menggunakannya harus ijin dengan orang yang sersangkutan. Untuk menikmati pesona indahnya Pulau Gusung Toraja pengunjung harus mepersiapkan dengan matang, di karenakan pulau ini tidak berpenghuni.

12. Air Terjun Limbong Komandang

Air Terjun Limbong Komandang adalah obyek wisata alam yang indah dengan keberadaanya sekitar 35 km dari Kota Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Di kawasan air terjun ini juga didukung dengan agrowisata yang berisi aneka buah segar dan menjadi suatu daya tarik wisatawan. Air Terjun Limbong Komandang berbentuk menyusun dan meliuk-liuk di tengah pegunungan yang asri dan alami.

Air Terjun Limbong Komandang terletak di desa Kurra, Kecamatan Tapango, Kabuoaten Polewali Madar. Suasana segar, alami, dan paronama yang asri bisa di temui di Air Terjun Limbong Komandang ini. Hempasan air di bagian dasar air terjun cukup deras yang merupakan tempat seru bagi mereka yang mencari sensasi mandi dengan sedikit teriakan-teriakan pelepas setres.

Pesona alam sepanjang perjalanan hingga lokasi cukup menajubkan, untuk menuju lokasi bisa melalui rute dari Kota Kabupaten Polman kea rah Kecamatan Wonomulyo berlanjut belok ke kanan ( jalur ke Kecamatan Taoango ). Titik beloknya adalah tepat di sebelah tugu ayam sebelum Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di Wonomulyo, dari tempat ini perjalanan di lanjutkan melewati Desa Riso, Desa Kalimbua, hingga sampai ke Desa Kurra.


13. Air Terjun Tamasapi

Air Terjun Tamasapi memiliki ketinggian hingga 75 meter, dengan air yang berasal dari sungai Tamasapi. Untuk mencapai tempat wisata tersebut kita harus berjalan kaki sejauh 1 km. Namun jarak tersebut tidak akan menyurutkan langkah kita, justru kita akan menikmati langkah demi langkah karena suasana jalan menuju air terjun sangat sejuk dan asri.

Saat musin durian Anda bisa membelinya dari penduduk setempat dengan harga lebih murah. duduk santai memandang keindahan air terjun sambil menikmati durian tentu akan terasa lebih nikmat. Air terjun ini cukup deras, namun jika Anda ingin bermain air tetap bisa dilakukan di sekitar air terjun.

Air terjun ini cukup deras disertai angin kencang yang bisa membuat wisatawan benar-benar terpesona. Lokasinya berdekatan dengan pemukiman penduduk, sehinggga pada saat musim Durian Anda dapat menikmati Durian yang harum dan manis dari petani dengan harga yang murah. Keindahan alam yang disajikan Air Terjun Tamasapi ini akan sulit di lupakan bagi yang sudah pernah mengujunginya.

Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Tamasapi dapat menggunakan mobil maupun motor sampai keperkampungan, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang menanjak dan menurun sekitar 1 km

14. Rawa bangun 

Rawa bangun merupakan tempat wisata yang sangat asri, dan dipenuhi oleh pepohonan dan berbagai jenis tanaman lainnya. Saat kita masuk ke dalam Rawa Bangun nuansa alamnya akan sangat terasa, sejuk, tenang dan benar-benar alami.

Di dalam terdapat kolam renang yang airnya langsung dialirkan dari sungai (aliran sungai Biru), dengan dua pancuran yang tak pernah absen mengisi air kolam. Di dekat kolam renang terdapat 3 kolam ikan, dan kolam tersebut menampung kelebihan air yang meluap dari kolam renang, karena aliran air dari pancuran tidak pernah berhenti. Tentunya sangat menyegarkan bila kita mandi-mandi di sana. Selain itu terdapat gazebo di tengan kolam, yang sangat cocok digunakan untuk bersantai sambil menikmati suasana sekitar


15. Anjoro Pitu

Anjoro Pitu yang artinya Kelapa Tujuh ialah objek wisata yang menawarkan pesona perbukitan dimana kamu bisa menikmati keindahan kota Mamuju. Anjoro Pitu yang terletak di timur kota Mamuju, sangat direkomendasikan untuk kamu yang gemar jalan-jalan di malam hari, karena pemandangan di Anjoro Pitu dilengkapi oleh lampu-lampu kota tampak indah bak berlian menghiasi malam Mamuju.

Akses untuk menuju kawasan ini, dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dan di perlukan keahlian dalam berkendara sebab Anda akan melalui medan yang menajak. Kawasan ini sering menjadi salah satu kawasan yang sering dikunjungi oleh penduduk Kota Mamuju maupun pendatang dari luar kota untuk menyaksikan langsung pemandangan sudut kota Mamuju.


16. Landmark Mamuju

Land Mark MamujuBarisan perbukitan yang diselimuti pepohonan hijau ala Hollywood juga ada di kota Mamuju. Landmark ala Hollywood ini memperoleh rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai landmark terpanjang dengan panjang 160 meter dan tinggi 16 meter pada HUT RI ke-69. Tempat ini tak boleh dilewatkan walau hanya sekedar untuk berfoto.

Landmark ini ternyata berada di seberang rumah dinas Bupati Mamuju yang dikenal dengan sebutan Sapota. Uniknya rumah Bupati berada di puncak bukit. Jika Anda datang ke lokasi ini Anda akan menyaksikan panorama yang indah, unik, dan tiada duanya. Dari kawasan ini Anda dapat melihat seantero Kota Mamuju.  Sejauh mata memandang terlihat gundukan tanah dan hamparan birunya lautan.

17 . Pesta Pattuddu

Saat berkunjung ke Sulawesi Barat, cobalah pada waktu bulan Maulid. Biasanya akan ada acara Pesta Pattuddu atau dengan nama lain Sayyang Pattuddu’. Pesta ini merupakan sebuah acara yang dilakukan untuk anak-anak yang khatam Al-Qur’an. Pada umumnya Pesta Pattuddu dilaksanakan per Desa ata per Kecamatan dengan jumlaah peserta yang berbeda-beda.


Demikian kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di sulawesi barat, semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar dan berkunjung kembali ke website www.senibudayawisata.com

related post






kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di sulawesi barat kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di sulawesi barat Reviewed by Unknown on 3:08 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.