-->

kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di jawa timur



kota-destinasi-tempat-objek-wisata-terbaik-populer-terkenal-di-jawa-timur
kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di jawa timur kota-destinasi-tempat-objek-wisata-terbaik-populer-terkenal-di-jawa-timur 

Tempat Wisata Jawa TimurJawa Timur merupakan salah satu wisata favorit dan terkenal dengan tempat destinasi wisata para wisatawan domestik maupun para wisatawan luar negri turis asing yang berkunjung ke Indonesia.Jawa Timur memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik. Salah satu ikon wisata

Jawa Timur adalah Gunung Bromo, dan beberapa daerah wisata pegunungan lainnya di antaranya adalah daerah pegunungan Malang Raya yang dikenal sebagai kawasan wisata pegunungan alami yang mencakup Malang dan Batu. Daerah pegunungan Tretes dan Trawas, juga dikenal memiliki karakteristik seperti daerah Puncak di provinsi Jawa Barat. Wisata alam lainnya di Jawa Timur adalah Taman Nasional , Kebun Raya Purwodadi di Purwodadi, Pasuruan, dan Taman Safari Indonesia II di Prigen.

Jawa Timur dikenal memiliki panorama pantai yang sangat indah. Di pantai selatan terdapat Pantai Prigi, Pantai Pelang, dan Pantai Pasir Putih di Trenggalek, Pantai Popoh di Tulungagung, Pantai Ngliyep, dan tempat wisata buatan seperti Jawa Timur Park, Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular, Eco Green Park di Batu, serta Pantai Watu Ulo di Jember. Jawa Timur juga memiliki pantai yang ombaknya merupakan salah satu yang terbaik di dunia, yaitu Pantai Plengkung yang terletak di Kabupaten Banyuwangi. Di kawasan pantai utara terdapat Pantai Tanjung Kodok di Kabupaten Lamongan,  Pantai Kenjeran di Surabaya, dan Pantai Pasir Putih di Situbondo. Danau di Jawa Timur antara lain Telaga Sarangan di Magetan, Bendungan Ir. Sutami di Kabupaten Malang, dan Bendungan Selorejo di Kabupaten Blitar.

 Potensi wisata yang ada di Jawa Timur didukung dengan wisata kuliner yang ada di sana. Banyak makanan khas Jawa Timur yang terkenal dan dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke sana.

Sama halnya ketika berwisata di tempat lainnya, saat anda ingin berkunjung ke beberapa tempat wisata di Provinsi Jawa Timur anda harus memilih daerah mana yang ingin dikunjungi terlebih dahulu, .

Berikut ini adalah beberapa macam tempat wisata yang bisa anda kunjungi ketika berkunjung di Jawa Timur :

Gunung Bromo

Gunung BromoSiapa yang tidak kenal Gunung Bromo, banyak acara televisi bertema petualangan atau adventure yang berkunjung di gunung satu ini. Gunung Bromo bisa dikatakan menjadi ikon dari kota Malang.  Di Gunung Bromo wisatawan bisa melihat matahari terbit yang sangat indah. Saat pagi hari banyak orang yang berkumpul di gunung ini hanya untuk melihat matahari terbit. Saat pagi hari di Gunung Bromo memiliki suhu yang dingin sehingga setiap wisatawan yang ingin melihat matahari terbit diharuskan memakai baju hangat. Di Gunung Bromo ada hamparan pasir yang bisa anda gunakan untuk berbagai macam kegiatan misalnya untuk balapan kuda, olahraga pasir seperti sand sailing atau sand boarding serta olahraga pasir lainnya. Gunung Bromo adalah Gunung api aktif yang ada di empat wilayah sekaligus yaitu di Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan dan juga Lumajang.


Jatim Park

jatim parkSaat ini wahana air ada dimana-mana, banyak tempat yang membangun wahana air untuk melengkapi sektor pariwisata yang ada di daerahnya. Jika di Yogyakarta ada Jogja Bay dan dinobatkan sebagai waterpark terbesar di Indonesia, di Jawa Timur ada Jatim Park. Bagi anda yang berkunjung ke Jawa Timur bersama dengan anak-anak anda jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Jatim Park sendiri adalah taman belajar dan juga tempat rekreasi dimana ada wahana air di dalamnya. Tempat rekreasi di Jatim Park sangat lengkap dan juga besar. Lokasi Jatim Park ada di Kota Baru, Jawa Timur.

Jika ditempuh dari kota Malang, jarak Jatim Park dari kota Malang sekitar 20 km. Ada 36 jenis wahana permainan yang bisa dicoba di sini dan semua permainan tersebut adalah ikonnya dari provinsi Jawa Timur.

Pantai Balekambang

pantai balekambangJawa Timur  memiliki berbagai macam wisata air yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Balekambang. Pantai ini adalah pantai yang ramai dan banyak dikunjunghi oleh wisatawan. Keindahan dari Pantai Balekambang ini adalah adanya pura yang ada di atas batu karang selain itu keindahan dari pantai itu sendiri menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ada di sana. Saat air surut, wisatawan bisa bermain air sampai di dekat batu karang. Air lautnya yang jernih membuat pengunjung akan betah berlama-lama bermain air di tempat tersebut.  Letak dari Pantai Balekambang ini ada di sebelah selatan provinsi Jawa Timur. Jarak tempuhnya dari Kota Malang sekitar 45 kilometer. Banyak orang yang sehabis pulang dari tempat wisata di Malang mereka mampir ke pantai ini. Hal itu dikarenakan jarak antara kota Malang dengan pantai ini cenderung dekat. Karakteristik dari Pantai ini adalah ketika airnya pasang pantai ini memiliki ombak yang besar dan arus yang kuat. Jika melihat pantai ini ingatan kita akan wisata Tanah lot yang ada di kota Bali .

Telaga Sarangan

telaga saranganTelaga Sarangan juga menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang sering dikunjungi. Keunikan dari Telaga Sarangan adalah kemurnian dan kealamian dari danau tersebut. Telaga Sarangan adalah danau yang ada di kaki Gunung Lawu Jawa timur.

Gunung Lawu sendiri juga dijadikan sebagai tempat wisata yang ada di Jawa Timur dan sering dijadikan sebagai tujuan tempat pendakian bagi anggota pecinta alam yang ada di pulau Jawa maupun pecinta alam di luar Pulau Jawa.

Luas dari Telaga Srangan adalah 30 hektar, sebaiknya bagi yang membawa anak-anak jangan ke sini sebab tanpa pengawasan orangtuanya anak bisa bermain air di Telaga tersebut. Kedalaman Telaga Sarangan sekitar 28 meter tidak baik untuk lokasi bermain anak-anak. Sebaiknya orangtua yang ingin mengajak anaknya berwisata terutama yang masih duduk di bangku TK memilih tempat wisata yang sesuai dengan usia anaknya.

Untuk sarana wisata yang ada di Telaga Sarangan ini termasuk lengkap mulai dari penginapan, rumah makan maupun restoran, pasar untuk wisara belanja, tempat ibadah dan masih banyak lagi lainnya. Hal yang bisa dilakukan oleh wisatawan di sini adalah mengelilingi telaga menggunakan perahu air dan bahkan memancing pun bisa dilakukan di sini.

Pantai Pasir Putih Situbondo

pantai pasir putih situbondoDi daerah Situbondo ada salah satu pantai yang menjadi tujuan bagi wisatawan yang berkunjung di Jawa Timur pantai itu adalah Pantai Pasir Putih Situbondo. Dinamakan pasir putih sebab di sana pasirnya berwarna putih bukan berwarna cokelat maupun hitam.

Keunikan dari pantai ini adalah dilengkapi dengan koral dengan aneka warna dan ikan yang berkeliaran kesana kemari di terumbu karang. Pemandangan laut pantai ini sangat indah untuk dilihat.

Tidak hanya itu saja, Pantai Pasir Putih Situbondo ini memiliki topografi yang unik. Dilihat dari bentuknya pantai ini sangat unik dikarenakan memiliki bentuk yang melengkung menuju ke bagian laut. Pantai ini berbatasan dengan Selat Madura pada bagian utaranya.

Menurut administratif pemerintah Jawa Timur, pantai ini letaknya di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo Jawa Timur.

Di pinggir pantai, ada barisan pepohonan cemara, kelapa serta sederet pohon jati yang semakin menambah nuansa sejuk di tempat itu. Pada bagian hutan yang ada di pesisir pantai ini ada beberapa satwa yang berkeliaran dan bergelantungan di pohon seperti kera hitam. Kera itu sering meminta makanan kepada pengunjung yang masuk ke Pantai ini.

Kawah Ijen


Kawah IjenTempat wisata di jawa timur yang bisa di datangi lainnya Kawah Ijen. Kawah Ijen ini merupakan kawah yang berbentuk danau terbesar ada di Pulau Jawa. Lokasi wisata ini memiliki banyak pesona dimana ciri khasnya adalah memiliki warna toska dan api biru saat malam hari hingga menjelang subuh. Pemandangan itu bisa anda temukan di danau belerang di Kawah Ijen.

Kawah Ijen disebut juga dengan Gunung Ijen. Gunung ini masih tergolong dalam gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Tinggi dari Gunung Ijen adalah 2.443 meter dari atas permukaan laut.

Kawah Ijen termasuk dalam pusat danau kawah terbesar yang ada di dunia hal itu dikarenakan Gunung Ijen mampu memproduksi kawah sekitar 36 juta meter kubik berupa belerang dan juga hydrogen klorida. Kawah ini tergolong berbahaya meskipun menawarkan keindahan yang begitu luar biasa.

Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban RondoIndonesia kaya dengan tempat wisatanya mulai dari air terjun, pantai maupun wisata buatannya. Salah satu air terjun yang ada di Jawa Timur dan bisa dijadikan sebagai tujuan wisata adalah Air Terjun Coban Rondo.

Pemandangan dan udara yang segar di air terjun coban rondo ini membuat para wisatawan berlama-lama di tempat ini. Air terjun yang dingin akan menambah semangat dalam berpetualang. Pengunjung juga akan terkagum-kagum dengan keindahan alam di tempat ini.

Jika kita mendengar namanya, nama tersebut terdengar sangat unik. Dibalik pesonanya, air terjun ini memiliki kisah sedih. Kisah sedih itulah yang dijadikan sebagai nama dari air terjun ini.

Kisah yang mewarnai air terjun itu adalah tentang sepasang muda mudi yang baru saja menikah. Pasangan itu adalah Dewi Anjarwati dan Raden Baron. Kedua pasangan itu hidup berbahagia dan hidup dalam damai. Sampai pada suatu hari Dewi ingin menjenguk orangtua dari suaminya yaitu Raden Baron di gunung Anjasmoro. Kedua orangtua Dewi melarangnya mengingat usia pernikahan  mereka belum lama. Sayangnya kedua pasangan itu mengabaikan larangan dari kedua orangtua Dewi. Mereka siap menerima resiko apapun yang akan dialaminya nanti. Di tengah perjalanan kedua pasangan itu bertemu dengan Joko Lelono dan dia jatuh hati dengan Dewi Anjarwati. Akhirnya Joko Lelono dan Raden Baron saling mengadu ilmu dan tampak sama-sama kuat. Raden Baron menyuruh pembantunya untuk menyelamatkan Dewi Anjarwati di sebuah tempat bernama Coban atau air terjun. Rombongan itu menuju ke sana namun apalah daya mereka ternyata Raden Baron tidak pernah datang meski sudah ditunggu sekian lama. Di bawah air terjun itu ada batu dan disanalah Dewi Anjarwati menunggu Raden Baron serta menyesali perbuatannya dikarenakan melanggar nasehat kedua orangtuanya. Oleh sebab itulah air terjun itu dinamakan Air Terjun Coban Rondo, rondo adalah bahasa jawa dimana artinya adalah janda.


Pemandian Air Panas Cangar
pemandian air panas cangarDi Jawa Timur ada mata air panas yang kini dijadikan sebagai pemandian air panas. Pemandian air panas yang ada di Jawa Timur adalah Pemandian Air Panas Cangar. Kolam yang ada di pemandian air panas ini dibedakan menjadi dua yaitu kolam kecil, kolam besar, kolam di dalam kamar  khusus satu orang dan kolam tertutup yang digunakan untuk wanita.

Pemandian air panas ini letaknya ada di dalam kawasan hutan tepatnya Taman Hutan Raya R. Soeryo. Pesona lain dari air pemandian air panas ini adalah adanya gua buatan yang dibuat saat penjajahan Jepang pada tahun 1942 sampai denghan 1945.

Sumber mata air panas yang ada di pemandian ini asalnya dari Gunung Welirang. Gunung Welirang adalah gunung yang menghasilkan belerang. Sehingga jika anda berendam di pemandian air panas ini anda akan menghirup aroma belerang. Agar bisa menuju ke Cangar anda bisa melalui kota Batu. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi dengan pemandangan nan elok dan jalanya pun berkelok-kelok.

Kebun Apel Malang

kebun apelSalah satu alasan yang mengharuskan ke Jawa Timur dan harus ke Malang adalah Kebun Apel Malang. Kebun Apel Malang adalah salah satu ikon wisata yang ada di Malang. Tempat wisata Kebun Apel Malang tidak hanya menarik untuk wisatawan dari luar daerah saja namun bagi masyarakat Malang pun banyak yang berkunjung dan berwisata ke kebun buah ini. Hal itu dikarenakan pesona dan keunikan dari Kebun Apel Malang ini.

Buah apel adalah buah yang menjadi ikon dari kota Batu. Kebun Apel Malang disebut juga dengan wisata petik apel batu dikarenakan wisatawan bisa memetik buah apel sesuka mereka. Tempat wisata ini juga menyajikan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung yang ada di sana diantaranya adalah kebun apel itu sendiri, kebun strawberry dan pengunjung bisa melakukan oubond di sana.

Saat berada di kebun apel pengunjung akan ditemani oleh seorang pemandu agrowisata dan menjelaskan kepada pengunjung bagaimana caranya membudidayakan tanaman terutama membudidayakan pohon dan buah apel. Pemandu wisata juga akan mengajarkan bagaimana caranya merawat pohon apel dengan baik dan benar sampai mengajarkan kepada pengunjung bagaimana caranya memetik apel atau memanen apel dengan baik dan benar. (baca juga: fungsi tour guide)

Memetik apel dan memanen apel harus menggunakan cara yang benar hal itu dikarenakan jika salah akibatnya akan fatal. Pohon apel akan mengering dan kemudian tidak produktif kembali. Pengunjung juga harus bisa membedakan mana apel yang bagus dan mana apel yang tidak bagus sehingga nantinya pengunjung tidak akan salah petik atau salah ambil apel.

Untuk mengakses ke tempat ini lokasinya tidaklah terlalau sulit hal itu dikarenakan lokasinya tidak jauh dari tempat wisata di kota Malang lainnya seperti Jatim Park. Jika anda berangkat dari Kota Malang anda bisa sampai ke tempat ini menggunakan bus dengan waktu kurang dari 40 menit.

Batu Secret Zoo

batu secret zooTempat wisata di jawa timur lainnya berada di kota Malang yang menarik untuk dikunjungi adalah Batu Secret Zoo. Tempat wisata ini disebut dengan kebun binatang modern. Disebut kebun binatang modern sebab  kebun binatang ini tidak sama dengan kebun binatang pada umumnya  yang bisa dilihat dari luar kandang.

Di Secret Zoo untuk memamerkan binatang yang ada di sana pengelola sudah mendesainnya dengan sedemikian rupa sehingga binatang yang ada di sana tidak ada kesan dikotak-kotakkan. Pengunjung bisa berinteraksi dengan hewan yang ada di sana tidak hanya itu saja di sana juga ada wisata hiburan lainnya sehingga liburan di sana akan lebih berkesan.

Batu Secret Zoo sangatlah luas. Luasnya sekitar 15 hektar dan untuk mengelilingiya dibutuhkan waktu yang lama. Untuk bisa menikmati seluruh tempat yang ada di Secret Zoo ini pengunjung harus menginap di sekitar area ini sebab di dalam kompleks ada tempat menginap bernama Hotel Pohon Inn. Bentuk dari hotel itupun unik dikarenakan bentuknya mirip pohon namun fungsinya adalah sebagai hotel.


Candi Penataran

Candi PenataranJawa Timur memiliki candi tepatnya di desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten B;itar, Jawa Timur. Karena letaknya di Desa Penataran maka candi itu disebut dengan candi penataran. Lokasi candi ini tepatnya ada di kaki Gunung Kelud. Oleh karena itu hawa dan udara di candi ini sangat sejuk. Anda akan terbebas dari cuaca panas seperti di candi-candi lainnya.

Candi penataran merupakan candi paling besar dan paling dirawat oleh pemerintah Jawa Timur. Candi ini diketemukan pada tahun 1815 dan tidak ada yang mengenalnya sampai tahun 1850.

Sebenarnya sebelum berubah nama menjadi Candi Penataran nama candi ini adalah Candi Palah karena disebut dalam prasasti Palah. Candi ini dibangun pada tahun 1194 oleh raja bernama Syrenggra. Fungsi candi ini pada masa itu ( tahun 1190-1200 ) digunakan sebagai tempat untuk pemujaan agar situasi bisa terkendali dan terhindar dari mara bahaya. Pasalnya saat itu Gunung Kelud sering meletus dan meresahkan warga yang ada di bawah Gunung Kelud tersebut.

Petilasan Rambut Monte

Petilasan-Rambut-Monte
Tempat wisata ini ada di desa Krisik, kecamatan Gandusari. Jika ditempuh dari kota Blitar jaraknya adalah 30 km. Tempat wisata ni meruakan wisata alam dimana di sana ada sebuah telaga, petilasan dengan latar belakang pemandangan yang serba hijau dan ada candi di tempat wisata tersebut.

Jika anda berkunjung ke sana anda akan melihat pemandangan nan elok misalnya saja adalah perkebunan teh, sawah milik penduduk setempat dan disepanjang perjalanan menuju ke tempat ini hamparan sawah akan terlihat dengan jelas.

Arung Jeram Soko Adventure

Arung-jeram-sokoBagi anda yang suka menantang adrenalin jangan lupa untuk mengunjungi lokasi wisata yang satu ini. Di lokasi wisata yang satu ini pengunjung bisa melakukan kegiatan arung jeram yang menantang adrenalin.

Soko Adventure adalah tempat wisata yang ada di Desa Tegalasri, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Petualangan saat arum jeram bisa dilakukan di kedua sungai yang ada di sana yaitu sungai Tiko dan sungai Lekso. Sambil mengikuti arus sungai wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan yang ada di sekitar sungai tersebut.

Tidak hanya arung jeram saja yang bisa dilakukan di tempat tersebut namun pengunjung bisa melakukan kegiatan yang menantang adrenalin lainnya yaitu rafting, kayaking dan juga tubing. Anda tidak perlu takut dikarenakan ada tenaga professional yang selalu siap menjaga keamanan anda dan mendampingi anda.


Pantai Tambakrejo

pantai tambakrejoWisata bahari yang bisa anda kunjungi adalah Pantai Tambakrejo. Pantai ini dinamakan Pantai Tambakrejo dikarenakan terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Letak desa ini ada di sebelah selatan kota Blitar kurang lebih 30 km dan untuk menuju ke sana dibutuhkan waktu kurang lebih selama satu jam.

Pantai ini merupakan pantai yang banyak dikunjungi oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Blitar. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah, air lautnya yang bersih dan biru serta hamparan pasir putih yang membentang menjadi teluk dengan panjang 10 km.

Ombak di Pantai Tambakrejo tidak terlalu besar meski begitu anda tetap harus berhati-hati terhadap bahaya wisata air yang sedang anda jalani. Diharapkan untuk tidak mandi atau bermain dengan ombak terlalu menengah sebab bisa bersiko untuk terseret ombak.

Taman Nasional Baluran, Situbondo

Tidak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk menikmati bentang alam sabana karena kita bisa menemukannya di Indonesia, tepatnya di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. Tempat wisata di Jawa Timur yang eksotis ini bisa menjadi lokasi petualangan yang seru dan menyenangkan. Di sini, pengunjung bisa menemukan padang sabana yang luas dan kawanan hewan liar yang hidup lepas di alam, seperti banteng, rusa, juga burung-burung cantik.

Taman Nasional Baluran memiliki koleksi sekitar 444 jenis tumbuhan khas dan bisa menjadi sarana edukasi alam untuk keluarga. Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga bisa menikmati surga bawah laut dengan snorkeling di Pantai Bama yang bersih dan berair jernih.

Pantai Pasir Putih, Situbondo

Jawa Timur memiliki banyak pantai yang cantik, salah satunya Pantai Pasir Putih. Pasir putih dan air laut yang jernih akan memanjakan mata dan bisa menjadi sarana yang tepat untuk mencari ketenangan dari ingar bingar ibu kota.

Di saat liburan, kawasan ini sering mengadakan berbagai acara yang mengundang banyak wisatawan untuk menyemut daerah ini, seperti konser musik, memancing, lomba perahu, dan lain-lain. Anda harus menempuh perjalanan 4 jam berkendara dari Kota Surabaya untuk sampai ke lokasi ini.

Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar terletak di Kecamatan Donorojo. Akses menuju pantai ini masih cukup sulit, sehingga tidak heran pantainya masih bersih dan alami karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Untuk mencapai Pantai Klayar, pengunjung bisa berkendara selama sekitar 1 jam dari Kota Pacitan.

Pantai berpasir putih ini sangat cantik karena dihiasi karang-karang yang membuatnya mirip seperti Tanah Lot di Bali. Hal unik yang bisa ditemukan di sini antara lain karang yang bentuknya menyerupai patung Spinx dan seruling laut.


Goa Gong, Pacitan

Goa Gong Pacitan terletak di Desa Bomo, Pacitan, yang terkenal sebagai Kota Seribu Goa. Dari Kota Pacitan, pengunjung harus berkendara ke arah barat sejauh 37 km melewati Pringkuku menuju Punung.

Goa Gong disebut-sebut sebagai gua tercantik di Asia Tenggara karena memiliki pemandangan interior gua yang begitu cantik. Stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami terlihat seperti ukiran yang mengagumkan. Gua ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pemerintah setempat telah membangun anak tangga yang bisa digunakan pengunjung untuk menyusuri gua sambil menikmati keindahannya hingga ke dalam.

Pantai Papuma, Jember

Satu lagi pantai di Jawa Timur yang menawarkan pemandangan yang mengagumkan adalah Pantai Papuma. Pantai ini terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember. Nama Papuma sebenarnya singkatan dari Pasir Putih Malikan.

Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Tanjung Papuma karena posisi daratan yang menjorok ke laut menyerupai tanjung. Pasir putih dan jejeran batu karang menjadi perpaduan yang membuat pantai ini memiliki ciri khas, terlebih dengan tujuh karang besar yang menjulang di pantainya.


Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung merupakan surganya peselancar, tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga luar negeri. Pantai ini sering disebut dengan G-Land. Deburan ombak tinggi dan keindahan pemandangan menjadi penarik minat wisatawan untuk datang ke pantai yang dinobatkan sebagai spot selancar terbaik di Asia Tenggara ini. Datanglah setiap bulan April hingga Oktober untuk menikmati ombak terbaik di Pantai Plengkung.

Pantai Plengkung masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan bus dari Kalipahit, dilanjutkan dengan naik ojek menuju Pasar Anyar. Dari sini, pengunjung bisa menggunakan mobil pick up untuk sampai ke Pos Pancur, yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki. Selain bisa diakses dari Banyuwangi, Pantai Plengkung juga bisa diakses dari Bali dengan menggunakan speed boat.

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai lain di Jawa Timur yang tidak boleh dilewatkan keindahannya adalah Pantai Pulau Merah. Pantai ini terkenal akan kebersihannya dan tidak kalah menarik dengan pantai-pantai yang dapat kita temukan di Bali.

Pasir putih kecoklatan menghampar sepanjang 3 km. Di pinggiran pantai tersedia payung-payung beserta kursi santai yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk menikmati keindahan panorama sekitar, ditemani juga angin sepoi-sepoi yang membawa suasana menjadi semakin relaks.

Pantai Pulau Merah berjarak 60 km dari Kota Banyuwangi dan bisa ditempuh dengan 3 jam berkendara. Sayangnya, belum ada transportasi umum untuk menuju kawasan ini. Namun, jalan menuju kawasan pantai sudah diaspal dengan baik sehingga perjalanan Anda akan lebih nyaman.

Songa Rafting, Probolinggo

Bagi pencinta tantangan adrenalin, rafting di Songa Rafting merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Songa Rafting terletak di Jalan Krajan Condong, Probolinggo. Peserta rafting akan menyusuri aliran Sungai Pekalen yang arusnya cukup deras.

Peserta bisa memilih paket wisata yang ditawarkan, yaitu Songa Atas atau Songa Bawah. Jika mengikuti paket rafting Songa Atas, peserta akan menikmati perjalanan mengarungi sungai di sepanjang hutan hujan tropis yang menawarkan rimbun pohon dan udara sejuk serta pemandangan air terjun dan gua kelelawar. Sementara jika mengikuti paket rafting Songa Bawah, peserta akan diajak mengarungi 34 jeram pada berbagai level selama 2-3 jam.

Batu Night Spectacular

Batu merupakan salah satu destinasi populer di Jawa Timur—terutama di daerah Malang—karena menawarkan banyak destinasi wisata favorit. Salah satunya Batu Night Spectacular. Seperti namanya, tempat ini menghadirkan berbagai wahana permainan yang spektakuler, baik untuk anak-anak juga untuk orang dewasa. Mulai dari wahana permainan level biasa seperti kebun lampion, bioskop empat dimensi, sirkuit go kart terpanjang, trampolin, hingga wahana yang menantang adrenalin seperti Drag Race atau Mouse Coaster.

Batu Night Spectacular berada di ketinggian Kota Batu dan menghadirkan pemandangan Kota Malang yang mengagumkan dengan pendaran lampu di malam hari. Anda bisa mengunjungi berbagai kafe di sekitar BNS untuk minum kopi sambil menikmati pemandangan. Kunjungi pula Night Market tempat mencari oleh-oleh unik khas Kota Batu serta foodcourt yang menyajikan berbagai kuliner unik Malang.

Museum Angkut

Museum Angkut juga terletak di Kota Batu. Seperti namanya, Museum Angkut menghadirkan koleksi aneka kendaraan, mulai dari kendaraan tradisional asli Indonesia hingga berbagai kendaraan bermesin yang didatangkan dari luar negeri. Masing-masing kendaraan dikelompokkan dalam zona tertentu sehingga Anda bisa belajar mengenai sejarah masing-masing jenis kendaraan.

Zona tersebut antara lain Zona Edukasi, Zona Sunda Kelapa dan Batavia, Zona Uni Eropa, Zona Jepang, Zona Hollywood, serta Zona Gangster & Broadway.

Taman Selecta, Batu

Taman yang telah dibangun sejak tahun 1930 ini tidak boleh dilewatkan jika Anda berkunjung ke Batu. Meskipun banyak tempat wisata lain yang modern dan menawarkan berbagai wahan permainan yang lengkap, Taman Selecta tetap menjadi pilihan keluarga untuk berwisata.

Taman seluas 18 hektare ini terbagi menjadi taman kreasi, restoran, hotel, dan kebun. Selain itu pengunjung juga bisa mencoba berbagai wahana seperti kolam renang, fasilitas outbond, berlari di jogging track, serta mengunjungi taman bunga yang tertata dengan cantik.

Taman Selecta berada di dataran tinggi sehingga memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan Gunung Arjuna dan Gunung Panderman yang cantik jika dilihat dari kejauhan.


Demikian kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di jawa timur, masih banyak daerah wisata di jawa timur yang belum admin sebutkan . Selamat berekreasi bareng keluarga



related post






kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di jawa timur kota destinasi tempat wisata terbaik populer terkenal di jawa timur Reviewed by Unknown on 6:10 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.