-->

destinasi tempat objek wisata yang populer di provinsi aceh



tempat-objek-wisata-terbaik-terkenal-di-banda-aceh
destinasi tempat objek wisata yang populer di provinsi aceh  Tradisi-Upacara-perkawinan-Adat-Manggarai-Nusa-Tenggara-Timur

Tempat Wisata Provinsi Aceh - Nanggroe Aceh Darussalam adalah sebuah provinsi di Indonesia. Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Banda Aceh. Jumlah penduduk provinsi ini sekitar 4.500.000 jiwa. Letaknya dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh Laut Andaman. Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan.

atau lebih dikenal dengan Aceh adalah sebuah provinsi di ujung Pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari pantai sampai pegunungannya. Setelah mengalami kerusakan akibat tsunami pada tahun 2004 di sebagian wilayahnya termasuk tempat wisatanya, Aceh kembali bangkit dan menata sektor pariwisatanya dengan baik.

1.banda aceh

a.masjid raya baiturahman

berada di pusat kota banda aceh, yaitu di kecamatan baiturrahman, merupakan salah satu mesjid terindah di asia tenggara, memiliki taman, halaman luas, kolam air mancur di tengah halaman, tempat parkir, tempat titipan barang dan kantor pengawas keamanan.


b.museum negeri aceh

berada di jantung kota banda aceh merupakan salah satu museum yang lengkap terletak dalam satu komplek dimana didalamnya penuh dengan koleksi benda bersejarah aceh zaman dahulu.

c.lonceng cakra donya

berada dalam kelompok meuseum mnegeri aceh. Lonceng cakra donya ini menurut riwayat berasal dari negeri cina dibawa oleh laksamana cheng ho di hadiahkan pada kerajaan samudra pase tahun 1414.

d. gunangon

berada di jantung kota banda aceh, merupakan sebuah bangunan yang berbentuk gunung buatan, tempat ini merupakan suatu tempat bermain/rekreasi raja-raja aceh dan permaisurinya pada zaman dahulu.

e.makam sultan iskandar muda

berada di komplek museum negeri aceh

f.khenkhoff

komplek perkuburan belanda merupakan bukti sejarah kepahlawanan rakyat aceh terhadap belanda, di mana didalamnya dikuburkan + 2.000 orang serdadu belanda yang tewas dalam perang aceh, yang kuburannya sekarang masih dirawat dengan baik, berada dijantung kota banda aceh.

g. makam syah kuala

berada di dekat muara kr.aceh, tidak jauh dari pantai yang indah + 4 km dari pusat kota banda aceh, dapat dicapai dengan mudah .

2.aceh besar

a.rumah cut nyak dhien

berada + 8 km dari pusat kota banda aceh, dapata di capai dengan mudah dengan bus.di sini banyak dipamerkan benda-benda bersejarah peninggalan cut nyak dhien.

b. pantai lhoknga dan lampuk

kedua pantai ini cukup indah dapat digunakan sebagai tempat mandi, berjemur di pantai dengan pasir putih, memancing, berlayar, menyelam dan kegiatan rekreasi lainnya.
Pada waktu sore dapat menyaksikan matahari terbenam (sun set), berada 17 km dari pusat kota banda aceh, dapat dicapai dengan mudah dengan bus.

c. pantai ujung batee

pantai ini cukup indah, sejuk dan rindang karena dilindungi oelh pohon-pohon cemara dan dari pantai kita dapat lihat pulau sabang dengan jelas. Dan juga melalui pantai jepang pada tahun 1942 mendarat pertama di aceh, dimana didekat pantai sekarang masih berdiri tugu pendaratan jepang.

d. benteng indra patra

sebuah benteng kerajaan aceh dari beton kapur, cukup kuat untuk mempertahankan diri dari serangan portugis dimasa lalu.

E. makam laksamana malahayati

Belidau adalah seorang panglima wanita angkatan laut kerajaan aceh pada masa sultan iskandar muda.

f. perpustakaan islam tanda abee

di sini banyak sekali tersimpan literatur lama sengenai islam yang tidak ternilai harganya.

3. sabang

a. teluk sabang

merupakan teluk yangindah dapat dilihat dari ketinggian bukit danau aneuk laut yang merupakan sebuah danau yang memberikan sumber air bersih untuk kepulauan sabang.

b.Taman laut pulau rubiah.

Berada + 23 km melalui jalan darat atau + 6,4 km melalui laut dari pusat kota sabang. Sekitar pulau ini penuh dengan binatang laut terutama ikan hias, bungan karang yang cantik dan menawan hati.
Fasilitas :peralatan diving, snorkeling, sarana latihan diving, menara pandang, peralatan komunikasi, air bersih, listrik, jalan setapak, gelas botton boat.
Kunjungan dapat dilakukan tiap hari, tapi sebaiknya pada musim angin timur bulan september s/d april.

4. aceh utara

a. bekas puat kerajaan pasai
berada 18 km dari kota lhokseumawe dan disini banyak dijumpai makam raja-raja kerajaan islam pasai yang nisannya terbuat dari batu pualam yang indah serta berhiaskan kaligrafi arab yang menarik.

b. pantai ujung blang
berada didekat kota lhokseumawa mempunyai pantai yang indah dan ramai dikunjungi wisatawan terutama pada hari minggu.

c. oot panglima
suatu tempat didataran tinggi yang berada dijalan burun, takengon, disana kita dapat melihat alam pegunungan yang indah.

d. air terjun blang kolam
berada + 18 km dari kota lhokseumawe dan air terjun + 140 meter disekitarnnya banyak tumbuh hutan lebat, banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari minggu.

5. aceh tengah

a. danau laut tawar
panorama alam yang unik, air berwarna putih, dikelilingi gunung yang ditumbuhi pohon pinus mercuri, dapat dimanfaatkan untuk olah raga air, juga dapat berkeliling danau dengan menggunakan kendaraan bermotor atau dengan perahu motor.
Danau ini berada dipusat kota takengon atau+ 300 km dari kota banda aceh.
Kunjungan dapat dilakukan tiap hari sebaiknya pada musim kemarau bulan maret s/d oktober
Fasilitas : menara pandang, dermaga, panggung gembira, boat/sepeda air.
b. pemandian air panas simpang balik
berada +  20 km  sebelum kota talengon mempunyai kolam dengan air panas dan ramai dikunjungi orang untuk mandi.
c. taman buru lingga isaq
dengan luas + 80.000 ha disini banyak dijumpai binatang seperti babi hutan, rusa dan lain sebagainya

6. aceh tenggara

a. taman nasional gunung louser
merupakan panorama alam yang unik, dengan hutan belantara, gunung, sungai yang cocok untuk petualangan.

Flora : banyak yang belum diteliti.
Fauna : orang utan, harimau, badak, gajah, beruang, babi hutan, rusa dan berbagai jenis burung. Dapat dicapai dari dua arah dengan kendaraan umum.
Fasilitas : bungalow, tempat berteduh bagi wisatawan  yang melakukan camping, bangunan  tempat penelitian bagi para ilmuwan yang menyelildiki flora dan fauna. Kunjungan dapat dilakkukan tiap hari, sebaiknya pada musim kemarau, maret s/d oktober.

b.taman laut gurah
dengan luas + 9.200ha.yang letaknya dekat ketambe dengan jarak dari kutacane + 35 km.

Demikian destinasi tempat objek wisata yang populer di provinsi aceh, semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar dan berkunjung kembali ke website www.senibudayawisata.com

related post






destinasi tempat objek wisata yang populer di provinsi aceh destinasi tempat objek wisata yang populer di provinsi aceh Reviewed by Unknown on 7:14 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.