-->

Destinasi Tempat wisata pabrik keju di bukit baros sukabumi



wisata-pabrik-keju-bukit-di-baros-sukabumi
Destinasi Tempat wisata pabrik keju di bukit baros sukabumi wisata pabrik keju di bukit baros sukabumi

Destinasi Tempat wisata pabrik keju di bukit baros sukabumi - Siapa bilang pabrik keju Cuma ada di belanda?di selatan kota sukabumi, di kawasan perbukitan baros yang teduh, anda pun bisa menemukannya. Cuma tujuh kilometer dari pusat kota.

Pabrik keju di baros memang tidak sebesar umumnya pabrik keju di kawasan industri. Di belanda, pabrik keju seperti ini dikenal dengan istilah boere kaas, yang berarti “ buatan rumah di daerah pertanian dan peternakan”. Di negeri kincir angin itu, pabrikkeju memang bukan merupakan pemandangan luar biasa.

Namun, bila Cuma ingin melihat bagaimana proses pembuatan keju, anda tak perlu jauh-jauh ke sana, cukup  ke bukit baros saja. Terletak sekitar tujuh kilometer dari pusat kota sukabumi dengan jalan teraspal mulus, pabrik keju gouda natura menjadi satu-satunya pilihan yang menarik.

Di daerah lawang, malang ada juga pabrik keju, tetapi di jawa barat dan sekitarnya, pabrik ini adalah satu-satunya. Selain pabrik keju, di bukit baros ini anda akan menyaksikan pula pabrik pakan ternak, kebun tanaman hias, dan petrnakan sapi perah yang memproduksi susu untuk bahan baku keju.

Terletak di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut dengan luas hampir 15 hektare dan dipagari derasnya sungai cimandiri, pemandangan yang ditawarkannya benar-benar akan membuai mata anda.

Tersedia villa

Sementara itu bagi yang ingin menginap dan menikmati suasana pertanian dan peternakan lengkap dengan gemericik sungai, pengelola menyediakan sebuah vila yang bertengger anggung di bibir sungai.


Anda bisa menikmati sungai cimandiri selebar hampir 50 meter lengkap dengan batu-batu gungung yang menyembul dan areal pesawahan di pinggirnya. Dan bagi yang ingin kemping, tersedia pula areal perkemahan. Cuma, segala peralatan mesti anda siapkan sendiri.

Bukit baros menyediakan pula ffasilitas utnuk pertemuan. Di sini anda bisa bermain tenis, joging, treking, naik turun bukit di bawah rindangnya pohon pinus atau Cuma jalan jalan menyusuri kebun kopi dan teh.

Berwisata di sini bersama seluruh anggota keluarga akan menjadi lebih menarik.selain bisa mengenalkan alam kepada anak-anak, proses dari mana keju berasal pasti akan  menjadi penglaman yang menarik buat mereka.

Dan jika membuat keju terlalu sulit, anda bisa menggantinya dengan kegiatan membuat selai.berbagai macam selai bisa anda buat di sini. Namun, ada dua jenis selai yang menjadi andalan bukit baros, yaitu selai rasberi dan stroberi.di banding selai kaleng yang dijual di pasar-pasar swalayan, selai buatan tangan anda sendiri pasti akan lain rasanya.

Meskipun objek wisata ini dibuka untuk umum sejak akhir tahun 2000 , pengunjung tidak bisa langsung berwisata ke bukit baros. Pasalnya, sejauh ini pihak pengelola hanya menawarkannya untuk paket-paket wisata tertentu atau dikhususkan bagi tamu yang menginap di hotel taman sari yang terletak di kota sukabumi.sebab pengelolanya satu perusahaan, yaitu PT karya titan grup.

Oleh karena itu, bila anda ingin menikmati wisata bukit baros, salah satu caranya adalah menginap di hotel taman sari.satu-satunya hotel berbintang dua di jantung kota sukabumi ini memiliki 37 kamar dan fasilitas kolam renang dengan suasana hijau dan rimbun. Namun, anda bisa pula mengikuti paket tur yang disediakan tanpa harus menginap di hotel taman sari. Syaratnya, peserta minimal 30 orang.

Membuat keju

Dengan lisensi dari gouda, belanda, keju yang sangat populer di belanda itu menyebar  keberbagai pasar swalayan dan toserba di jakarta. Tidak seperti keju-keju yang dibuat oleh pabrik-pabrik berskala besar, keju berlabel natura ini memang tidak diprosuksi secara massal.lagipula, dari 300 liter susu sapi murni, kami Cuma bisa mendapatkan 28 kilo kejuk. Bahan baku menjadi kendala yang belum terpecahkan. Apalagi, untuk membuat keju yang bagus, diperlukan susu berkualitas tinggi.

Sekarang ini, keju natura telah mendapat akreditasi 94 poin dari certificaat boerenkaas kevring, sebuah lembaga akreditasi yang menilai kualitas keju di belanda.untuk keju yang paling bagus skornya 100

Proses pembuatan keju sebenarnya tidak terlalu rumit.masalahnya, beberapa bahan kimia masih perlu dimpor dari luar. Dan bila pabrik keju itu Cuma digawangi 4 orang pekerja, ternyata itu disebabkan bakteri-bakterilah yang bekerja lebih keras dalam proses pembuatan keju.

Dari susu sapi murni yang baru saja diperas, susu tersebut lalu dipasteurisasi dan digumpalkan dalam bejana disebut tobbe. Kemudian gumpalan keju yang mirip ampas tahu itu diiris-iris dan di cetak (dipres).

Bila ada keju yang berasa asin atau bahkan pedas, proses pembumbuannya dilakukan setelah keju dipres.

Ada beberapa macam bentuk keju blok yang bisa anda temui disini. Setelah itu , keju disimpan untuk mendapatkan umur yang dikehendaki. Semua proses itu membutuhkan waktu delapan jam.sama seperti anggur, semakin tua keju, akan semakin enak dan mahal. Cuma keju tetap mengenal masa kadaluarsa yang selalu dicantumkan di kemasan. Pada umumnya keju siap di pasarkan ketika sudah berusia 3 bulan hingga 1 tahun. Semakin pekat warna keju, semakin tua umumrnya.



Destinasi Tempat wisata pabrik keju di bukit baros sukabumi Destinasi Tempat wisata pabrik keju di bukit baros sukabumi Reviewed by Unknown on 1:42 AM Rating: 5
Powered by Blogger.