-->

wisata alam gua mimpi bantimurung makassar sulawesi selatan



wisata-alam-gua-mimpi-bantimurung-makasar-sulawesi-selatan
wisata alam gua mimpi bantimurung makassar sulawesi selatanwisata alam gua mimpi bantimurung makassar sulawesi selatan

Begitu banyaknya tempat wisata di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung makassar membuat waktu selama tiga hari  berada di kota itu menjadi tidak cukup. Menyesal juga jika tidak bisa berlama-lama di kota sulawesi selatan itu. Air terjun serta gua mimpi di bantimurung adalah salah satu tempat wisata yang menarik.


Wisata alam gua mimpi bantimurung makasar sulawesi selatan sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik dan wisatawan turis asing jika musim liburan panjang datang seperti libur lebaran dan libur tahun baru. Makassar identik dengan pantai losari. Beruntunglah bila kita menginap di hotel yang langsung menghadap pantai losari. Setiap saat kita bisa mendengar deru mesin perahu lalu lalang di sebelah hotel pantai gading.


Namun, pantai tersebut tidak seperti yang mungkin kita bayangkan sebelumnya. Sampah yang ada di pinggir pantai membuat pemandangan jadi kurang menarik. Meski begitu, kita tetap bisa menikmati udara malam kota makassar saat berjalan di sepanjang terpian pantai.

Selain pantai dan benteng fort rotterdam di makassar, kita sebenarnya juga bisa pergi ke tana toraja. Waktu yang harus disediakan untuk ke tator, begitu begitu tana toraja biasa di sebut, minimal 18 jam. Hitungan itu baru untuk perjalanan darat. Kalau ingin menikmati alamnya paling, tidak waktu yang diperlukan adalah satu hari.

Jika waktu yang kita punya sedikit, pergi ke bantimurung sudah lumayan. Sebagai catatan, di makassar terdapat terdapat 11 pulau andalan yang berpasir putih. Pulau terdekat, kayangan dan lae-lae, jaraknya hanya sekiatar 1 mil dari kota makassar.pulau terjauh, pulau lankai, berjarak 16 mil.


Konservasi kupu

Kenapa di sebut gua mimpi? Menurut cerita, nama itu diambil darisuasana yangnditimbulkan oleh goa tersebut. Kalau masuk goa tersebut, kita terasa mimpi, begitu kata penduduk setempat.
Goa mimpi dan air terjun bantimurung ini terletak di lembah bukit kapur kabupaten maros. Perjalanan yang dibutuhkan juga tidak terlampau lama. Hanya sekitar 45 menit untuk jarak 35 km dari kota makassar, tanpa macet!

Kedatangan kita akan disambut oleh patung monyet berukuran besar. Untuk masuk kawasa wisata tersebut. Pengunjung yang membawa kendaraan seharusnya melewati bagian bawah patung monyet. Sayangnya, jalan tersebut sudah di tutup, sehingga kita harus melintas di samping patung.

Selain goa dan air  terjun, di kawasan wisata ini juga terdapat pusat konservasi kupu-kupu. Dari kejauhan kita bisa melihat banyak kupu berwarna-warni bebas beterbangan di kawasan tersebut.

Nuansa sejuk langsung terasa begitu memasuki bantimurung.gemuruh air terjun dari ketinggian 30 meter langsung terdengar. Walau saat itu debit air terjun tidak sederas biasanya, tetap saja memberi pemandangan yang indah. Tidak seperti air terjun lain, di samping air terjun ini terdapat anak tangga menuju bagian atas air terjun sehingga kita bisa melihat hulu air terjun tersebut.

Jarak 800 meter

Setelah menikmati dinginnya air terjun, perjalanan bisa dilanjutkan menuju goa mimpi. Untuk mencapai mulut goa, kita harus berjalan naik, turun dan naik lagi sekitar 15 menit. Setelah tiba di mulut goa, anda mungkin akan terhenyak karena  keadaan yang gelap gulita. Padahal, sebelumnya goa mimpi di lengkapi dengan penerangan. Nyatanya , lampu penerangan tersebut sudah banyak yang rusak.

Jika beruntung, dalam perjalanan menuju goa tersebut kita akan dibuntuti oleh seorang bapak tua. Yang menyewakan  senter besar. Dengan satu senter besar, kita akan merasa nyaman saat menyusuri goa mimpi.
Penelusuran tersebut jauh akan lebih menyenangkan, kalau saja, lampu penerangan berfungsi. Begitu juga dengan anak tangga yang dibuat.

Setidaknya bisa dilihat kilauan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi goa sepanjang 800 meter tersebut. Nah, dalam keadaan yang nyaris tanpa penerangan itu, memang terasa seperti dalam mimpi.
Menurut cerita, goa mimpi merupakan rumah orang zaman purbakal. Bisa jadi demikian karena tak jauh goa mimpi ini terdapat taman pra sejarah leang-leang.leang-leang dalam bahasa makassar berarti goa. Dalam leang-leang ini banyak ditemukan binatang laut zaman purbakala.

Kawasa wisata di bantimurung bisa dicapai dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Kendaraan umum yang digunakan adalah angkutan antarkota dan antarkabupaten dengan jurusan makassar-bone.
Auntuk membeli oleh-oleh khas makassar, anda bisa mengunjungi jalan somba opu di makassar. Di lokasi ini anda bisa menemukan minyak kayu putih, kopi khas toraja, sutera makassar,sampai aksesori menarik.

Pada tahun 1970 an, selain pusat penjualan suvenir, daerah ini juga terkenal sebagai tempat penjualan emas. Namun, sejalan dengan perkembangan, lokasi yang dikelilingi oleh beberapa hotel ini juga menjual makanan khas makassar, seperti dodol atau sirop markisa dan kacang mete.


related post






wisata alam gua mimpi bantimurung makassar sulawesi selatan wisata alam gua mimpi bantimurung makassar sulawesi selatan Reviewed by Unknown on 3:50 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.