-->

pesona wisata alam panorama kawah ijen bondowoso jawa timur



pesona-wisata-alam-panorama-kawah-ijen-bondowoso-jawa-timur
pesona wisata alam panorama kawah ijen bondowoso jawa timurpesona wisata alam panorama kawah ijen bondowoso jawa timur

Nganga kawah gunung berapai tak semuanya mengerikan.justru sebaliknya seperti pesona wisata alam panorama kawah ijen bondowoso jawa timur , rasa takjub dan decak kagum tak ada habisnya saat memandangi panormana kawah ijen. Cocok dijadikan tujuan pendakian.



Kira-kira ada 500 buah gunung tersebar di kepulauan indonesia, sekitar 300 di antaranya masih tergolong aktif. Keberadaan gunung-gunung berapi tersebut kerap dijadikan objek pendakian. Bahkan, beberapa di antaranya dikembangkan menjadi kawasan konservasi dan taman wisata. Kawah ijen adalah salah satunya. 

Sejak tahun 1981, taman konservasi ijen dibuka sebagai kawasan wisata di bawah pengelola taman nasional alas purwo.fasilitas pendukung seperti jalan menuju loksi, camping ground, penginapan, serta pondok wisata tersedia sangat memadai di paltuding. 

Untuk mencapai kawah itu , kita bisa menuju kota bondowoso, dilanjutkan menuju desa sempol, melewati desa wonosari  dengan jarak tempuh 78 km.Angkutan pedesaan umumnya berhenti sampai disini. Dari sempol, kita bisa mencarter kendaraan unum atau ojek menujju ke pos paltuding, yang berjarak sekitar 15 km. 

Melewati gerojogan

Di sepanjang jalan aspal mulus dari wonosari ke paltuding terdapat perkebunanan kilometer menjelang paltuding, terdapat air terjun banypahit yang berwarna hijau bening dan pekat.
Air terjun atau gerojogan yang  berundak undak dan berada di antara rumput ilalang dan pohon cemara ini berasal dari air kawah yang dibendung dan sebagian airnya dialirkan ke lereng membentuk sungai banyupahit. Paltuding merupakan pos terakhir sebelum melakukan pendakian ke kawah ijen .di lokasi ini tersedia area parkir.

Kita juga beristirahat dan bermalam di pndok wisata, penginapan , atau berkmeah diarea yang disediakan. Pendakian selanjutnya menuju kawah ijen sejauh 3 km atau sekitar 2 jam dapat dilakukan dengan jalan santai. Hal menarik yang sekaligus menjadi ciri khas wisat kawah ijen adalah kehidupan para penambang belerang. Aktivitas mereka sehari-hari menjadi pemandangan unik yang tak bisa dijumpai di lain tempat.

Edelweis kuning

Pendakian awal dari paltuding dipenuhi dengan trek menanjak dengan kemiringian 30 sampai 40 derajat. Di tengah perjalanan terdapat pondok irigasi kawah jen, yang lebih di kenal dengan pos bunder.
Di sebelahnya adalah pos penimbangan belerang. Di sini juga terdapat pondok darikayu.\, tempat untuk istirahat para penambang, bahkan untuk bermalam.

Setelah pos bunder, trek pendakian mulai landai menyisir lereng pegunungan. Tak lama kemudian terlihat bibir kawah yang memutih dengan bilur-bilur koral menuju ke dasar kawah. Pemandangan luar biasa indah tersingkap di depan mata.

Kemilau hijau air kawah seluas kira-kira 54 hektare dan berdiameter sepanjang 911 meter dan 600 meter yang menyerupai danau iatu selalu mengepulkan asap belerang yang berbau menyengat.
Di sisi lain, panorama lereng-lereng gunung yang menghijau tak kalah menarik. Belum lagi pada bulan agustus dan september, di kawasan pegunungan ijen dan merapi ungup-ungup yang terletak di sebelahnya, dipenuhi bunga edelweis jenis kuning dan putih yang sedang mekar.

Taman konservasi kawah ijen yang berada di ketinggian 2.386 meter di atas permukaan air laut ini memang cocok sekali untuk kegiatan treking, bahkan untuk keluarga, mengingat lokasinya yang mudah dijangkau dan pesona alamnya yang tak ada duanya. Jadi, persiapkan diri anda dan atur jadwal liburan berikutnya menuju kawah ijen.


related post






pesona wisata alam panorama kawah ijen bondowoso jawa timur pesona wisata alam panorama kawah ijen bondowoso jawa timur Reviewed by Unknown on 5:18 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.