-->

Wisata Pabrik Jamu Agrowisata Sido Muncul Semarang



pesona-pabrik-dan-agrowisata-sido-muncul-semarang
Wisata Pabrik Jamu Agrowisata Sido Muncul Semarang  pesona pabrik dan agrowisata sido muncul semarang

Wisata Pabrik Jamu Agrowisata Sido Muncul Semarang  - Semerbak wangi rempah langsung tercium begitu memasuki kawasan pabrik jamu sido muncul.hawa sejuk yang berembus dari gunung ungaran menambah segarnya udara pagi itu.

Melihat sepeda lalu lalang di lingkungan pabrik, memberikan kesan yang sungguh mempesona. Apalagi bagi orang yang tinggal di jakarta dan biasa dijejali dengan pemandangan jalanan yang macet oleh antrian mobil.

Jarak antara bangunan pabrik jamu sido muncul memang cukup berjauhan, sehingga perlu alat transportasi yang cepat dan sehat. Sepeda adalah pilihan tepat. Pabrik jamu serta agrowisata sido muncul yang terletak di jalan soekarno hatta, bergas, klepu , semarang, jawa tengah itu terbuka untuk umum. Artinya, masyarakat boleh mengunjungi, asalkan sebelumnya membuat perjanjian soal waktunya.


Mengingat ini lokasi pabrik, kunjungan secara berombongan lebih diharapkan agar mudah dalam pengelolaanya. Dan selama ini yang biasa berkunjung adalah kalangan pegawai pemerintah, mahasiswa, juga mereka yang hendak mengadakan penelitian.

Adapun maksud dibuka untuk umum ini agar masyarakat mengetahui proses pembuatan jamu dalam skala industri. Di dalam pabrik ini pengunjung bisa melihat proses pembuatan jamu yang dkerjakan dengan sangat higienis.

Pakaian khusus

Higienitas di lingkungan pabrik ini antara lain terlihat dari lingkungan pabrik yang bersih dan tempat pemrosesannya. Sebelum memasuki tempat pengolahan, pengunjung diharuskan mengenakan pakaian khusus, seperti jas laboratorium, penutup kepala, serta penutup sepatu.

Tujuannya untuk menghindari terjadinya kontaminasi cemaran dari luar. Tak heran kalau sido muncul mendapat pengakuan dari departemen obat yang baik (CPOB) setara dengan pembuatan obat di perusahaan tarmasi, dan cara pembuatan obat tradisional yang baik dan benar (CPOTB).

Semerbak daun mint terasa menyengat hidung begitu kita memasuki bagian pengolahan jamu. Kebetulan saat itu sedang dilakukan proses pembuatan jamu tolak angin cair. Daun mint menjadi salah satu komponen jamu tersebut, sehingga seluruh ruangan itu di penuhi aromanya.

Selain tempat pengolahan, di kawasan pabrik seluas ena hektare ini juga terdapat bagian penelitian dan pengembangan, termasuk beberapa laboratorium mencit. Di laboratorium tersebut dilakukan beberapa pengujian, seperti uji toksisitas. Hal ini dimaksudkan agar setiap jamu yagn dibuat benar-benar aman. Dengan begitu, tidak ada bahan-bahan yang bersifat racun atau merugikan konsumen.

Taman obat

Bagian lain yang tak kalah menarik adalah kebun tanaman obat yang terletak di belakang pabrik. Kawasan agrowisata yang dibuka sejak tahun 1999 ini sebenarnya merupakan koleksi tanaman obat yang digunakan sebagai bahan pembuat jamu. Koleksi tanaman ini juga menjadi bagian dari usaha pembudidayaan serta pengembangan tanaman obat yang ada diindonesia.maksudnya tentu saja supaya tidak terjadi kelangkaan atau bahkan kepunahan.

Sekitar 400 spesies tanaman berada dalam lahan seluas 1,5 hektare ini. Tanaman yang ada berasal dari dalam dan luar negeri. Penambahan koleksi tanaman terus dilakukan karena salah satu fungsi agrowisata ini adalah sebagai tempat stok plasma nutfah tanaman obat untuk kemduian dilakukan penelitian, baik untuk usaha pengembangan maupun penelitian bahan baku jamu baru.

Dalam agrowisata ini juga terdapat nursery atau kebun bibit serta temapt penjualan bibit tanaman obat.fasilitas lain yang bisa dijumpai adalah kolam ikan serta aula berupa gazebo yang digunakan sebagai tempat singgah. Bila enggan menjelajahi kebun dengna berjalan kaki, anda bisa berkililing dengan mengendarai mobil.

Baca Juga Agrowisata Lainnya

Bali bird park : tempat wisata kebun binatang taman burung bali

Taman Wisata Kebun Raya Cibodas Cianjur Jawa Barat

Wisata Pabrik Jamu Agrowisata Sido Muncul Semarang 

Wisata kebun binatang safari zoo park bali Denpasar

Agrowisata kebun sayuran organik agatho cisarua bogor

Agrowisata kebun tanaman obat leuwiliang karyasari bogor

Wisata kebun sayuran natural farmhouse lembang bandung

Agrowisata kebun teh tambi wonosobo jawa tengah

Agrowisata kebun salak pondoh turi sleman yogyakarta

Agrowisata Kebun Strawberry Petik Sendiri di Lembang Bandung Jawa Barat



Wisata Pabrik Jamu Agrowisata Sido Muncul Semarang Wisata Pabrik Jamu Agrowisata Sido Muncul Semarang Reviewed by Unknown on 5:16 AM Rating: 5
Powered by Blogger.