-->

pesona wisata alam danau maninjau dan puncak lawang



pesona-objek-wisata-alam-danau-maninjau-dan-puncak-lawang
pesona wisata alam danau maninjau dan puncak lawang pesona-objek-wisata-alam-danau-maninjau-dan-puncak-lawang

Objek wisata alam danau maninjau dan puncak lawang  termasuk dalam deretan objek wisata sumatera barat yang terkenal dan populer, yang ditawarkan untuk tour wisata danau yang wajib dikunjungi.

Di antara danau yang ada, danau maninjau dan puncak lawang termasuk objek wisata yang paling memukau.


Sangatlah sayang jika keindahan objek wisata danau maninjau dan puncak lawang hanya dinikmati sesaat saja. Caranya , ya.. tiada jalan lain dengan bermalam disana.

Lantas danau-danau lain kurang indahnya? tidak juga. Bedanya di danau maninjau, satu dari danau terbesar kedua di sumatera barat setelah singkarak itu, telah dijamah dengan penataan pariwisata

Terlebih dengan dibangunnya sebuah resor dengan fasilitas bintang lima, resor maninjau,  yang terletak di atas bukit yang jaraknya 10 km sebelum danau pada jalan raya dari bukittinggi.

Dari atas resor ini bisa kita kagumi keelokan danau dari atas, dari pagi, siang sampai dengan sore hari. Suasana rileks yang diciptakan benar-benar menyegarkan pikiran kita.

Tepat dari resor ini kita bisa turun dengan mobil angkot ke pinggir danau.j alanan menurun dan berkelok-kelok sejauh 10 km itu melalui 44 kelokan. Daerah wisata ini masyur dengan sebutan danau maninjau bersama  kelok 44.


Tanda kelok 1 s.d 44 tertulis jelas pada setiap kelokan.jangan anda hitung angka kelokan demi kelokan, bisa tegang sendiri karen ada perasaan tidak sampai-sampai. Di samping kiri kanan jalan yang berupa jurang, rasa ngeri dan waswas juga bisa timbul.

Nikmati sajalah pemandangan kiri kanan kendaraan,karena di pinggir jalan banyak kera atau monyet-monyet lucu menunggu makanan apa saja yang di lempar dari penumpang kendaraan yang lewat.

Dengan demikian rasa kegembiraan datang hingga tak terasa kita sudah berada di pinggiran danau.

Danau vulkanik

Danau maninjau termasuk danau vulkanik, danau yang cekungannya terbentuk karena letusa gunung berapi. Terletak di kecamatan tanjung raya, kabupaten agam, di atas ketinggian 461 meter dari permukaan laut. Luasnya 100 km persegi dengan kedalaman maksimum hampir 500 meter kurang lebih.


Menurut cerita legenda minang, terbentuknya danau ini dari dongeng rakyat “bujang sembilan” yang mati menyeburkan diri ke dalam kawah, sehingga kawah itu membesar menjadi sebuah danau.

 Danau itu bisa dicapai dari kota bukittinggi, hanya berjarak 35 km saja, dengan angkutan umum yang berseliweran jurusan bukittinggi-maturmaninjau PP.

Di pinggiran danau ada desa maninjau, tempat kelahiran ulama besar sekaligus sastrawan islam, buya hamka.di pinggiran maninjau dilengkapi fasilitas wisata dengan losmen-losmen sederhana dan bersih.

Begitu juga dengan fasilitas rekreasi air. Meskipun sangat terbatas, para wisatawan tampaknya belum bebas untuk berekpresi diri, seperti mandi-mandi dengan baju renang karena adat setempat belum menijinkan.

Jika datang ke sana nikmati saja keindahannya.seandainya ingin berenang, anda bisa menikmati kolam renang di resor maninjau karena tempatnya di dalam resor dan yang menikmati pemandangan, ya, sesama tamu hotel saja.


Dari sana, sambil berenang juga menikmati keindahan danau meninjau dengan air birunya yang terlihat indah

Bulan madu

Bagi pasangan yang sedang berbulan madu, resor maninjau bisa jadi pilihan yang tepat.peritirahatan dengan fasilitas bintang lima ini memang dibangun dengan struktur landscape yang padu, baik letak kamar-kamar model cottage dan bangunan kolam renang lengkap dengan fitness centre, ditambah iklimnya yang sejuk.


Kendati bukan pasangan yang sedang berasyik masyuk, memilih beristirahat di sini adalah hal yang sangat mengasikkan.apalagi jika anda pecinta kebugaran dan gaya hidup sehat. Sebab, resor ini dilengkapi jogging track.

Jika anda ingin mengabadikan keindahan panorama dalam fotografi ,keluar saja dari resor dan turun dengan mobil  menuju tempat yang dinamakan embun pagi dari sana panorama ke bawah menuju danau, dengan kombinasi jalan yang melingkar-lingkar, adalah paduan luar biasa indahnya.


Tanpa harus mengabadikannya, duduk berlama-lama di sini pun betah hingga sungguh terasa benar keagungan sang pencipta. Selamat menikmati dan menghirup udara bersih pegunungan.

Puncak Lawang

Puncak Lawang merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal di wilayah Sumatera Barat. Lokasinya berada di Kecamatan Matur, Kab. Agam, Padang Panjang Provinsi Sumatera Barat.

Karena lokasi nya yang berada di ketinggian kurang lebih sekitar 1.210 meter dari permukaan laut atau tepat berada di atas bukit yang mengelilingi Danau Maninjau.

Untuk menuju ke lokasi objek wisata alam Puncak Lawang ini, anda dapat menggunakan perjalanan jalur darat.

Terdapat 2 jalur alternatif yang bisa anda gunakan untuk menuju ke lokasi objek wisata alam Puncak Lawang ini, anda bisa melalui jalur barat dan anda juga bisa menggunakan jalur timur.



pesona wisata alam danau maninjau dan puncak lawang pesona wisata alam danau maninjau dan puncak lawang Reviewed by Unknown on 5:36 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.