-->

Agrowisata kebun teh tambi wonosobo jawa tengah



pesona-agrowisata-kebun-teh-tambi-wonoso-jawa-tengah
Agrowisata kebun teh tambi wonosobo jawa tengah pesona agrowisata kebun teh tambi wonosobo jawa tengah

Agrowisata kebun teh tambi wonosobo jawa tengah - Tambi adalah nama desa di lereng gunung sindoro yang dipenuhi pepohonan teh. Mi ongklok dan keripik jamur menjadi hidangan yang membuat ketagihan. Bisa disinggahi dalam perjalanan antara wonosobo dan dataran tinggi dieng.

Bila mendengar wonosobo, ingatan anda pasti akan langsung tertuju pada daratn  tinggi dieng. Nyatanya selain dieng, wonosobo menyimpan segudang objek wisata lai yang tak kalah menarik, yang komplek candi hindu, kawah belerang, dan telaga warna.

Selain itu, di sana anda juga bisa melihat indahnya hamparan kebun teh yang menghijau, tidak kalah menarik dengan gunung mas dikawasan puncak, bogor.

Adalah desa tambi yang merupakan salah satu dari tiga unit pengelolaan perkebunan teh di kabupaten wonosobo tersebut. Tambi terletak di lereng barat daya gunung sindoro.

Dengan ketinggian 1.200-2.000 m di atas permukaan laut (dpl), udara di sekitar perkebunan teh serasa sejuk. Suhu udaranya berkisar antara 15 hingga 24 derajat celcius.


Dengan kemiringan sekitar 30 derajat, anda bisa dengan leluasa berjalan mengitari perkebunan teh tambi tanpa merasa kelelahan , sambil menikmati gunung sindoro yang tegar menjulang.

Pabrik teh

Kawasan ini memang sudah lama digarap untuk melayani tea walk alias jalan-jalan di kebun teh.tentunya kegiatan ini sangat bagus untuk kesehatan. Selain paru-paru anda terisi oleh udara bersih pegunungan, kaki juga banyak bergerak. Kalau beruntung, selama perjalanan ini anda juga bisa melihat kelompok-kelompok wanita yang sedang memetik daun teh sembari bersenandung.

Kalau waktu anda masih banyak tersisa, setelah lelah berkeliling, tak ada salahnya mampir di pabrik teh, ditemani seorang guide. Di sana anda bisa bertanya mengenai seluk beluk teh. Mulai dari cara budi daya, proses produksi, pengolahan daun, jenis-jenis teh, sampai pemasarannya. Kunjungan ke pabrik ini rupanya memang menjadi program dari perkebunan teh tambi.

Mi ongklok

Seperti halnya objek wisata lain, agrowisata tambi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memungkinkan anda merasa nyaman dan betah.

Di tengah hamparan tanaman teh yang menghijau, anda dapat menggelar tikar sambil menikmati suguhan minuman teh asli tambi dengan makanan khas wonosobo seperti keripik jamur, kacang dieng, dan manisan buah carica sejenis buah pepaya yang hanya tumbuh di wilayah dieng).

Jika ingin bersantap agak berat, anda bisa memesan mi ongklok dan sate sapi. Mi ongklok terdiri dari campuran mi, kubis, dan kucai yang di masak setengah matang dan disiram dengan adonan pati sehingga mirip bubur.

Bila kunjungan anda hendak diperpanjang, cobalah menyewa tempat penginapan pondok wisata tambi yang baru saja direnovasi. Menurut cerita, perkebunan teh tambi ini merupakan tempat tetirah orang-orang  kaya di zaman belanda.

Di sanalah mereka biasa beristirahat. Penginapan tersebut terletak tak jauh dari pabrik teh. Di sekitar pondok wisata itu anda juga masih bisa berolah raga tenis atau sekedar duduk bercengkerama di saung yang terdapat di tengah kolam ikan.


Baca Juga Agrowisata Lainnya

Bali bird park : tempat wisata kebun binatang taman burung bali

Taman Wisata Kebun Raya Cibodas Cianjur Jawa Barat

Wisata Pabrik Jamu Agrowisata Sido Muncul Semarang 

Wisata kebun binatang safari zoo park bali Denpasar

Agrowisata kebun sayuran organik agatho cisarua bogor

Agrowisata kebun tanaman obat leuwiliang karyasari bogor

Wisata kebun sayuran natural farmhouse lembang bandung

Agrowisata kebun teh tambi wonosobo jawa tengah

Agrowisata kebun salak pondoh turi sleman yogyakarta

Agrowisata Kebun Strawberry Petik Sendiri di Lembang Bandung Jawa Barat


Agrowisata kebun teh tambi wonosobo jawa tengah Agrowisata kebun teh tambi wonosobo jawa tengah Reviewed by Unknown on 6:27 PM Rating: 5
Powered by Blogger.