-->

keindahan wisata air terjun coban rondo malang jawa timur



keindahan-wisata-air-terjun-coban-rondo-malang-jawa-timur
keindahan wisata air terjun coban rondo malang jawa timurkeindahan wisata air terjun coban rondo malang jawa timur

Apa yang anda inginkan saat berwisata? sekedar menikmati keindahan alam? Pastilah tidak. Dalam wisata harus ada petualangan, keindahan, kegembiraan dan pengalaman yang menyehatkan tentunya. Nah, itulah yang anda dapat nikmati di  wisata air terjun coban rondo di malang jawa timur.


Melintasi jalan raya arah batu-pujon, malang, setelah melalui tanjakan yang landai dan jalan berkelok-kelok dan terkadang tajam, anda akan sampai di puncak perbukitan sehingga bisa menikmati panaroma keindahan pesona wisata air terjun coban rondo malang jawa timur.


Sebuah papan nama dengan ukuran besar akan memberikan petunjuk kepada kita untuk belok ke arah kiri keluar dari jalan raya guna menemukan objek wisata air terjun coban rondo.


Meski cukup terkenal, untuk masuk dan menikmati lokasi wisata ini tidak ada kendaraan umum. Tujuannya, untuk memberikan kesempatan kepada siapa pun bejalan kaki menikmati tantangan tanjakan jalan di tengah rimbun pepohonan.


Saat melintasi jalan beraspal di punggung perbukitan, kita bisa menikmati pemandangan indah ke lembah dan ngarai di bawahnya, termasuk perkampungan penduduk di wilayah batu.
Jalanan yang membentang di atas punggung bukit itu hanya sekitar dua kilometer. Namun, banyak pengunjung yang melepaskan lelah menikmati bekal makan-minum, sambil mengagumi keindahan alam. Suasana tenang dan damai, rimbun, dan menyejukkan hati.

Tanaman obat

Selanjutnya kita menempuh jalanan agak menurun. Ada areal yang sebagian terbuka dan diperuntukkan bagi bumi perkemahan, yang bisa menampung ratusan orng. Di sinilah kita diberi kesempatan untuk menginap sekaligus bertualang menikmati belaian alam raya yang menentramkan.
Bergeser sedikit dari bumi perkemahan, jika bersama keluarga, kita dapat sejenak untuk memberikan kesempatan bagi buah hati bergembir di taman bermain. Tanpa membuang waktu kita bisa menikmati lahan persemaian berbagai tanaman hutan lindung.

Tak jauh dari situ kita bisa menemukan kebun tanaman obat keluarga (toga) yang berisi koleksi ratusan tanaman obat. Jadi, sambil berwisata kita bisa menambah pengtahuan tentang manfaat tanaman obat.
Kemudian jalanan terus menurun dan suasana hutan semakin terasa.di tempat yang melandai, gubuk-gubuk pedagang dan berbagai jenis kendaraan berjajr. Di situlah terminal akhir pengunjung berkendaraan.
Ke arah depan, tampak pepohonan besar yang tumbuh subur dan teratur dengn jalan setapak yang terlihat rapi karena sering diinjak kaki manusia. Beberapa meter sebelum mencapai ujung jalan ini, suara air menggerojok mulai terdengar. Ratusan orang bisa memenuhi tempat itu pada hari minggu.

Setelah melintasi tanjakan tak kurang dri dua menit, kita dapat menikmati dan memandangi air terjun yang tak pernah lelah menerjunkan ribuan liter air ke bawah. Betapa kecilnya manusia ini di tengah lekukan jurang menganga yang berkedalaman sekitar 100 meter itu.

Bisa berendam

Tempat yang resminya baru dijadikan objek wisat pada tahun 1980 ini, memang fantastis. Namun, kurangnya pengawasan membuat bagian-bagian tertentu tercoreng oleh ulah tangan-tangan jahil manusia.beberapa tulisan di batu-batu atau goresan di pepohonan menjadi “suvenir”dari pengunjung yang usil. Larangan untuk terjun ke kali atau mandi di dekat cobaan itu pun banyak dilanggar.

Di musim panas dan ditambah sedikit keberanian, anda bisa merasakan dinginnya air terjun yang begitu menyegarkan secara langsung dengna mandi atau berendam.objek wan wisata ini memang seperti memberikan segala keindahannya. Angin sejuk yang tertiup sepoi-sepoi dan lambaian dedaunan membuat siapapun akan merasa berada di jantung surga dunia. 

Lokasi wisata air terjun coban rondo yang terletak di desa pondesari, kecamatan pujon ini berada pada ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut. Suhu rata-rata sekitar 22 derajat celcius dengan curah hujan kurang lebih 1.721 milimeter per tahun.

Airnya berasal dari sumber di cemoro dudo, dengan debit 150 liter per detik pada musim hujan dan 90 liter per detik di musim kemarau. Objek ini memang berada di kawasan yang dikuasai perum perhutani, sehingga pengelolaan wisatanya pun ditangani pihak perhutani.

Menurut petugas di pintu masuk, pada hari-hari biasa pengunjung tetap ada. Jumlahnya 100-200 orang. Jumlah itu melonjak drastis pada hari minggu dan liburan sekolah, bisa 2.500 orang atau lebih.

Kisah penantian janda

Coban rondo memiliki legenda yang romantis.pada sebuah parasasti yang ada dilokasi itu, disebutkan bahwa dewi anjarwati dari gunung kawi menikah dengan raden baron kusuma dari gunung anjasmoro. Setelah pernikahannya berjalan selapan (35 hari) , dewi anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke gunung anjasmoro. Orang tua dewi melarang keinginan tersebut, tetapi pengantin baru itu tetap bersikeras untuk melakukan perjalanan yang diinginkan. Di tengah jalan mereka bertemu dengan joko lelono yang tidak jelas asal usulnya. Melihat kecantikan dewi anjarwati, joko lelono terpikat dan jatuh cinta pada pandangan pertama.ia ingin merebutnya dari tangan baron kusuma, yang dengan tegas juga ingin mempertahankan istrinya. Perkelahian pun tidak terhindarkan.

Sebelum duel berlanjut, baron kusuma minta kepada ponakawan (pelayan) yang menyertai untuk menyembunyikan dewi  anjarwati di tempat bercoban (ada air terjun). Pikirnya setelah mengalahkan joko lelono ia akan menyusul istri dan pelayannya itu ke tempat persembunyian mereka.

Namun, dalam perkelahian itu mereka berdua mati bersama. Dewi anjarwati pun menjadi janda(rondho). Sejak saat itulah mereka menyebut tempat persembunyian dewi anjarwati itu sebagai coban rondo (air terjun janda). Batu besar yang terletak di dasar coban itu konon merupakan tempat dewi anjarwati duduk menantikan sang suami . bisa dipercaya, bisa juga tidak, yang pasti tempat itu merasa sangat sejuk.

Tertarik untuk berkunjung sekaligus menemukan lokasi wisata yang benar-benar memberikan segala yang anda inginkan? Bila anda menggunakan kendaraan pribadi, dari batu akan sangat menemukannya. Menggunakan angkutan umum, anda bisa memulai dari terminal bus batu dan dilanjutkan denga bus arah kediri atau jombang dan turun di mulut pintu masuk wanawisata coban rondo.


related post






keindahan wisata air terjun coban rondo malang jawa timur keindahan wisata air terjun coban rondo malang jawa timur Reviewed by Unknown on 5:26 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.