-->

agrowisata kebun sayuran organik agatho cisarua bogor



agrowisata-kebun-sayuran-organik-agatho-cisarua-bogoragrowisata kebun sayuran organik agatho cisarua bogor agrowisata kebun sayuran organik agatho cisarua bogor

agrowisata kebun sayuran organik agatho cisarua bogor - Mungkinkah tanaman seperti sayuran dan buah tidak diberi pupuk berbahan kimia atau pestisida?

Bisa jadi sebagian dari anda akan menjawab,”mana mungkin!” kalau anda masih berpikir seperti itu, datang saja ke pertanian organik pater agatho sebuah ttempat agrowisata kebun sayuran organik agatho elsener di daerah cisarua , bogor.

Di tempat berhawa sejuk di kaki gunung gede-pangrago itu akan terlihat bahwa sistem pertanian tanpa bahan kimiawi bisa berlangsung dengan baik.

Secara tidak sadar, manusia memang kerap meracuni tubuhnya dengan bahan bahan kimia. Memang tidak secara langsung, tetapi sedikit demi sedikit lewat sumber makanan yang kita konsumsi.

Bayangkan kalau hal tersebut terjadi terus menerus. Sudah barang tentu zat kimia menumpuk dalam tubuh kita. Zat kimia yang masuk dalam tubuh biasanya berasal dari sayuran yang kita makan. Ini karena pestisida yang digunakan untuk menyemprot hama terkadang masih menempel di sayuran tersebut.

Hal ini memang sulit dihindari. Selain sulit untuk mencari sayuran yang bebas pestisida, pertanian yang tidak menggunakan bahan-bahan kimia juga sulit di temui.

Namun, tak perlu khawatir! Kalau anda benar-benar  ingin hidup sehat dan mengurangi asupan bahan kimia , coba saja sayuran dari pertanian organik pater agatho.


Menjaga keseimbangan

Sekitar 14 tahun lalu, di atas lahan sekitar 5 hektare, pater agatho mengembangkan pertanian organik. Pertanian model baru? Tidak juga! Menurut agatho, “konsep pertanian organik ini sudah cukup lama dikenal. Paling tidak sudah sekitar 2.500 tahun yang lalu.”

Dikatakannya, organik itu sama artinya dengan organ yang melayani seluruh badan, lalu badan juga yang menjaga organ.”jadi, kalau segala organ yang ada di alam ini hidup sesuai dengan organ lainnya, dunia ini mungkin juga akan menjadi organik.

Ada harmoni dan tidak ada stres, sehingga kita lebih sehat,”tutur pria asal swiss berusia 70 tahun ini.

Tak beda jauh dengan makna organik, pertanian organik di sini juga merupakan sistem pertanian yang tetap memperhatikan keseimbangan alam.

Intinya, bahwa pertanian model seperti ini sangat mengandalkan dukungan alam.begitu besarnya dukungan alam,sehingga metode ini tidak menggunakan pupuk kimia bahkan pestisida. Sebagai gambaran, pupuk yang digunakan di pertanian ini hanya pupuk kandang dan pupuk hijau.

Untuk segi hara,  pupuk kandang merupakan suber hara yang cukup banyak, tidak kalah dengan pupuk kimia.penggunaan pupuk ini memang tidak secara langsung dimaksudkan untuk memupuk tanaman.

Lebih ke arah tekik penyuburan tanah.kalau tanahnya subur, otomatis tanaman yang berada di atasnya juga akan bagus. Konsepnya lebih kuat ke arah bagaimana mendukung seluruh ekosistem.

Teknik penyuburan tanah yang juga digunakan adalah dengan mulsa, yaitu penggunaan sisa tanaman yang sudah tidak terpakai lagi sebagai pupuk.

Dengan kata lain, semua bahan yang ada di lahan tersebut tidak ada yang terbuang. Selain mulsa, rotasi tanaman juga dilakukan di lahan organik tersebut.berselang-selang mulai dari tanaman yang rakus hara, kurang dan tanaman penyebur.

Walau berbagai upaya sudah dilakukan, tak jarang hama juga menyerang tanaman.dalam prakteknya, hama itu akan tetap ada. Kalau sudah ada, kita akan pakai teknik penyembuhan.

Caranya dengn menggunakan organic spray.sesuai namanya, bahan organic spray tersebut berasal dari daun-daun, bahan alami.maksudnya untukmenekan populasi hama yang sudah terlanjur ada.

Memahami sayuran

Ini pula yang membuat pertanian organik berbeda dengan model pertanian konvensional lainnya.pertanian organik itu lebih memahami sayuran. Memahami apa kemauan atau karakter dari sayuran.orang mungkin akan mengatakan lebih rumit , tetapi itu sebenarnya yang lebih tepat.

Hasilnya? Meski tidak sebanyak pertanian konvensional, rasanya tidak kalah beda.malah jauh lebih segar dan manis, ukurannya pun lebih besar. Bahkan, menurut agatho, mengonsumsi sayuran organik membuat manusia jauh lebih sehat dan awet muda.

Tidak percaya? Coba saja anda cicipi wortel, tomat, sawi, selada, brokoli, ubi atau kangkung yang ada di sana.kalau sedang banyak, anda bisa membeli sayuran tersebut.

Kalau anda ingin datang ke pertanian organik, lebih baik datang pada hari biasa.hari sabtu- minggu biasanya digunakan untuk pelatihan.

Dan yang juga penting,lebih baik menelepon terlebih dulu. Maksudnya tentu saja supaya orang-orang di sana siap menerima dan mengantar anda berkeliling.

Selamat hidup sehat.

Demikian agrowisata kebun sayuran organik agatho cisarua bogor


Baca Juga Agrowisata Lainnya

Bali bird park : tempat wisata kebun binatang taman burung bali

Taman Wisata Kebun Raya Cibodas Cianjur Jawa Barat

Wisata Pabrik Jamu Agrowisata Sido Muncul Semarang 

Wisata kebun binatang safari zoo park bali Denpasar

Agrowisata kebun sayuran organik agatho cisarua bogor

Agrowisata kebun tanaman obat leuwiliang karyasari bogor

Wisata kebun sayuran natural farmhouse lembang bandung

Agrowisata kebun teh tambi wonosobo jawa tengah

Agrowisata kebun salak pondoh turi sleman yogyakarta

Agrowisata Kebun Strawberry Petik Sendiri di Lembang Bandung Jawa Barat


agrowisata kebun sayuran organik agatho cisarua bogor agrowisata kebun sayuran organik agatho cisarua bogor Reviewed by Unknown on 5:58 AM Rating: 5
Powered by Blogger.