-->

Agrowisata kebun salak pondoh turi sleman yogyakarta



agrowisata-kebun-salak-pondoh-turi-sleman-yogyakartaagrowisata kebun salak pondoh turi sleman yogyakartaagrowisata kebun salak pondoh turi sleman yogyakarta

Agrowisata kebun salak pondoh turi sleman yogyakarta - Oleh-oleh dari kota yogyakarta bukan Cuma bakkia atau gudeg. Salak pondoh adalah buah tangan istimewa dari kawasan itu. Selain belanja langsung, di kawasan agrowisata kebun salak pondoh turi sleman yogyakarta, pengunjung juga bisa melihat perbedaan berbagai jenis bibit salak.

Dari pusat kota, kawasan agrowisata kebun salak pondoh turi sleman yogyakarta cuma berjarak 20 km ke arah kota magelang. Tepatnya di kecamatan turi, kabupaten sleman.

Jarak sejauh itu bisa dicapai hanya dalam tempo lebih kurang 30 menit. Keadaan jalan ke arah kawasan itu benar-benar mudah. Namun, menjelang sampai perkebunan, medan yang ada sedikit berliku. Maklum, perkebunan salak itu berada di sebuah lahan, terletak di sebuah dusun bernama pondoh, yang semula berfungsi sebagai sebuah bendungan. Karena rasa lakanya yang khas, dan budi daya tanaman dilakukan secara massal, daerah ini identik dengan salak pondoh.

Di sepanjang jalan menuju ke sana, jajran pohon salak terlihat di mana-mana. Tidak hanya dalam skala besar menggerombol di suatu ladang,bahkan juga terdapat di halaman rumah penduduk.

Dikelola desa

Agrowisata salak pondoh ini sudah cukup lama dibuka. Kurang lebih sejak 11 tahun lalu. Awalnya kawasan tersebut merupakan daerah bendungan atau pengairan saja.

Tidak pernah terpikir untuk menjadikannya daerah agrowisata. Namun, setelah melihat prospeknya yang cukup bagus, kemudian perkebunan salak ini dikembangkan menjadi agrowisata.

Agrowisata ini milik desa. Dalam pengelolaannya ditunjuk panitia tetap yang berasal dari daerah ini juga.

Lebih manis

Turi berada di ketinggian 400-500 m di atas permukaan laut (dpl)dengan kisasaran suhu 26-28 derajat celcius dan kondisi tanah yang sedikit berpasir. Keadaan ini dinilai cocok untuk bercocok tanam salak.

Jenis salak pondoh, meski ukurannya relatif lebih kecil daripada jenis lain, rasanya lebih manis dan dagingnya lebih garing.salak yang belum terlalu tuapun tetap manis.

Jenis salak pondoh ada dua berwarna hijau kekuningan dan hitam. Yang berwarna hijau lebih laris karena lebih menarik. Sebaliknya, yang berwarna hitam lebih wangi dan manis

Sampai saat ini agrowisata yang dikembangkan baru mencapai  kawasan seluas 27 hektare. Selain kebun salak, di dalam areal ini juga terdapat tanam obat, kebun anggrek, dan taman bunga.

Area taman bunga kerap digunakan untuk berbagai acara, semisal kemah atau pelatihan , oleh para mahasiswa.

Bisa mencicipi

Untuk rencana kedepan, di dalam kawasan agrowisata juga akan dikembangkan plasma nuftah untuk tanaman salak seluas 6 hektare.di harapkan, semua jenis salak yang tersebar  di seluruh wilayah indonesia bisa dijumpai di tempat ini.

Setiap pengunjung boleh mencicipi 4-5 buah salak.namun, jika tidak sedang panen pengunjung hanya boleh  memtik 2-3 buah saja.bukan pelit, hal ini dimaksudkan setiap pengunjung yang datang bisa mencicipi salak pndoh.kalau mencicipi belum cukup, pengunjung bisa membelinya disekitar areal agrowisata.

Harganya tergantung musim.bila sedang panen harga bisa murah namun, jika sedang tidak musim,harga bisa melonjak hingga tiga kali lipat. Panen raya berlangsung pada akhir tahun, sekitar bulan november-desember, panen sedang sekitar pertengahan tahun, pada bulan juni-juli. Untuk mencapai daerah ini , jika anda hendak naik bus, cari rute yogya-magelang. Turun sebelum rsu murangan atau tepatnya di depan SLTP 2 sleman.

Kemudian naiklah angkutan jurusan agrowisata dan turun di depan desa wisata salak pondoh.anda juga bisa turun di Tempel untuk kemudian naik angkutan yang menuju perempatan Ngablak.dari perempatan tersebut baru anda naikk angkutan kembali, jurusan agrowisata salak pondoh. Kalau  malas naik turun angkutan umum,anda bisa menyewa kendaraan. Hampir setiap hotel di yogyakarta ada layanan peminjaman mobil dengan tarif beragam.

Baca Juga Agrowisata Lainnya

Bali bird park : tempat wisata kebun binatang taman burung bali

Taman Wisata Kebun Raya Cibodas Cianjur Jawa Barat

Wisata Pabrik Jamu Agrowisata Sido Muncul Semarang 

Wisata kebun binatang safari zoo park bali Denpasar

Agrowisata kebun sayuran organik agatho cisarua bogor

Agrowisata kebun tanaman obat leuwiliang karyasari bogor

Wisata kebun sayuran natural farmhouse lembang bandung

Agrowisata kebun teh tambi wonosobo jawa tengah

Agrowisata kebun salak pondoh turi sleman yogyakarta

Agrowisata Kebun Strawberry Petik Sendiri di Lembang Bandung Jawa Barat


Agrowisata kebun salak pondoh turi sleman yogyakarta Agrowisata kebun salak pondoh turi sleman yogyakarta Reviewed by Unknown on 5:46 AM Rating: 5
Powered by Blogger.